Posting Berikutnya!

Semoga tetap sabar menunggu posting setelah ini... Oh yah, kalau sempat,,, boleh tengok2 fotoku di Tumblr.. barangkali kalian suka ^_^

Jangan lewatkan !!

Tuesday, May 10, 2011

Bambu dan Konsep Payung


Lokasi : Tanjung Duren Utara, Jakarta Barat, Indonesia
 
Arsitek : DSA + s
 
Prinsipal : Suwardana Winata
 
Klien : Ichibanya Japanese Noodle House
 
Photograph : Courtesy of DSA+s
 
Bangunan yang terletak di Jakarta Barat ini merupakan sebuah restoran. Pemilik restoran ini bermimpi untuk memiliki restoran Japanese Noodle yang berada di luar ruangan (outdoor). Tentu saja, konsep restoran outdoor ini memiliki penyelesaian desain yang tidak biasa. Pada desain kali ini, pemilik mencoba membangun restoran outdoor temporer yang mana dapat dibangun dan dibongkar secara praktis.
Arsitek bangunan ini memanfaatkan bamboo sebagai material utama desain restoran. Bambu ini digunakan pada semua elemen struktur dan kulit bangunan. Hal prinsip bagi arsitek ini adalah PROTEKSI. Dimana bambu yang dimanfaatkan pada bangunan ini harus dalam melindungi kita dari matahari, angin, hujan, dan faktor lainnya. Maka dipilihlah konsep UMBRELLA / PAYUNG sebagai penjelmaan konsep arsitektural yang mewakili fungsi “PROTEKSI” tersebut.
Bentuk dasar yang menjadi inspirasi arsitek adalah PAYUNG. Payung ini selanjutnya dirancang seperti payung raksasa yang mampu menampung kegiatan manusia di bawahnya. Tempat perlindungan itu disebut SHELTER. Arsitek mencoba membuat grup / kumpulan shelter yang selanjutnya menjadi bangunan berstruktur. Variasi dan irama pun dimainkan dengan perbedaan ukuran dan dimensi shelter-shelter tersebut. Atap shelter yang serupa payung ini dimainkan tinggi rendahnya, lebar sempitnya, sedemikian rupa sehingga saling menumpuk satu sama lain sehingga mampu menjadi atap yang melindungi.
Setiap payung atap ini disangga oleh empat titik bamboo vertikal. Struktur bambu yang ada diikat oleh tali ijuk, kemudian dikaitkan ke tiang baja besar sebagai satu kolom struktur utama. Arsitek juga membuat atap lebar dan tinggi sehingga angin dapat bebas mengalir keluar masuk ruang-ruang restoran tersebut.

BAMBU

Bambu sudah berabad tahun lamanya digunakan sebagai elemen konstruksi bangunan. Secara structural, bambu memiliki kelebihan karena kelenturannya dan juga kekuatannya terhadap goncangan / gempa. Namun secara perawatan, bambu memiliki kelemahan dalam hal keawetannya.

Karena estetikanya yang menawan, banyak masyarakat yang menjadikan bambu sebagai elemen bangunan yang tidak permanen. Atau minimal, bambu menjadi elemen eksterior dan interior yang dimanfaatkan sebagai material aksen atau pengisi bidang permukaan / kulit bangunan.

30 comments:

Dedi Suparman said...

Tarang kayaknya aku pertamax deh hehehe Horeee aku simak dulu ya Mba

Dedi Suparman said...

Horeee aku pertamax horeeee

W i e d e s i g n a r c h said...

@dedi : hehehhe... makasih mas udah pake rebutan datengnya ^_^

M Mursyid PW said...

Wew, bambau kalau diolah oleh jiwa seni dan tangan terampil bisa juga menghasilkan karya yang luar biasa.

W i e d e s i g n a r c h said...

@mursyid : iyah,,,, bahkan terkesan cukup futuristik bukan? ^___^

warsito said...

wah kreatif banget nih bangunannya mantab buat villa peristirahatan

W i e d e s i g n a r c h said...

@warsito : mantap.... mau membuat villap peristirahatan..? boleh menumpang gratis dunk ^_^

iam said...

Keren banget tempatnya :D
Andai rumah saya seperti itu :p

Joko Sutarto said...

Foto pertama dan kedua sepintas kalau dilihat dari jauh tak nampak kalau strukturnya terbuat dari bambu. Keren sekali desainnya, Mbak. :)

Eh, bener sayang sekali bambu itu gampang bubukan dan tidak awet, ya?

Accilong said...

wow.. sangat artistik.

Siti Nurul Falah said...

lucu yaa bentuknya unik,

choirul said...

wow keren banget ya... mantap tuh....

Sketsaku said...

waduh...mewah sekali konstruksinya...hmmm,,,

Cerita Tugu said...

rumah bambu sungguh indah dan tahan gempa, kalau rumah beton mengganggu kesuburan lingkungan

Ellious Grinsant said...

Keren ih, dan lebih keren lagi bangunannya bisa dibongkar pasang... hebat!

ninda~ said...

wah unik banget mbakk lucu ih :O

Gaphe said...

baguus desainnya.. keren dan sederhana. meski dibuat dari bambu, tapi tetep arsitektural dan estetikanya diperhatikan. ya wajar kalau bisa jadi bangunan tahan gempa, karena struktur bambu sendiri yang ulet dan cukup tahan lama

kang ian said...

wah keren ya terkesan natural..kaya deket rumah nenek saya banyak poon bambunya xixi..nice..salam kenal ya makasih atas kunjungannya :)

Rawins said...

eh cakep bener tuh...
kapan ya bisa punya rumah kayak gitu
kayaknya asik dan tahan gempa
cuma brisik kali ya
rereketan kalo kena angin

grayrose said...

keren banget lho wied...ayuk ajak aku kesana heheheheh jangan lupa traktir jugak wkwkwkwkkw

Djangan Pakies said...

assalamu'alaikum Mbak,
wah sangat terkesan saya, membangun hanya dengan bahan yang bisa diperbaharui, yaitu bambu. Tanaman ini memang memiliki banyak keistimewaan.

Ifan Jayadi said...

Bangunan dengan bahan dasar bambu ini keren juga ya. Tidak menyangka lho ia bisa dikreasikan dengan cara yang unik. Menambah ketertarikan semua orang untuk bisa memilikinya

W i e d e s i g n a r c h said...

@iam : ayo buat rumah seperti itu ^_^

@joko : tapi sekarang sudah banyak berkembang temuan untuk mengawetkannya ^_^

@acci : makasih,,, suka yang artistik kan? ^_^

@siti : yup ^_^

@choirul : makasih yah kunjugannya

@sketsaku : yup.. kemewahan estetika

@tugu : yup, betul sekali tentang itu ^_^

@ellious : bener, bongkar mudah

@ninda : hehehe, makasih yah dah mampir

@gaphe : yah, benar di bagian lenturnya itu ^_^

@ian : wah wah... iyah juga,,, rumah klasik dulu ^_^

@rawins : dinikmati aja om ^_^

@grayrose : hihihihi... kapan mau makan ke sana ^_^

@Djangan pakies : ini perduli sekali dengan isu pemanasan global... ^_^

@ifan jayadi : iyah... bambu sekarang makin mendunia kok ^_^

switch 6 said...

asli keren dan unik.

W i e d e s i g n a r c h said...

@switch6 : makasih yah sudah berkunjung kemari ^___^.. salam pagi ^_^

IbuDini said...

Itulah jika seseorang memiliki jiwa seni bahan yang kelihatan tiada harga atau murah bisa menghasilkan begitu indah dan mewah.
Saya pernah lihat sedikit liputannya di Liputan 6 tapi saya lupa namanya....beliau memanfaatkan bambu untuk rumah2 dan hasilnya bener2 bagus.

W i e d e s i g n a r c h said...

@ibu dini : yup... sebenarnya indonesia kaya akan keelokan seperti ini ^_^

Multibrand said...

Design restoran yang alami.

W i e d e s i g n a r c h said...

@multibrand : yah, back to nature ^___^ but surely a glamor way ^_^

Nurul Hikara said...

kira2 dampaknya ke masyarakat skitar apa yaa???
apa yang diberikan oleh kehadiran bangunan cantik ini??? ^^

Post a Comment

My Room (42) Curhat (21) Ribet (21) Bacaanku (20) Teman2ku (20) Quote (16) Love (14) MyProsa (14) Jalan-jalan (11) Arsitektur (9) Islamic (9) Bioskop (8) Memotret (5) Bernyanyi (3) Design (3) Year Ended (3) Akubaru (2) Movie (2) UlangTahun (1)
There was an error in this gadget
My photo
Di blogger world ini, aku cuma ingin merekam karya, merekam persahabatan, dan merekam proses kehidupanku. Semoga semua bersedia berbagi bersamaku dan blogku. ^_^