Posting Berikutnya!

Semoga tetap sabar menunggu posting setelah ini... Oh yah, kalau sempat,,, boleh tengok2 fotoku di Tumblr.. barangkali kalian suka ^_^

Jangan lewatkan !!

Tuesday, May 3, 2011

Green School Bali, Arsitektur Berkelanjutan di Indonesia

Indonesia lagi-lagi menyimpan kebanggaan dengan karya arsitektur lokal mereka. Kali ini, Bali mengukir prestasi kelas internasional dalam karya arsitektur lokalnya. Kali ini, kita akan berkenalan dengan bangunan menarik di Bali yang disebut Green School, Bali.

Learning For A Sustainable Future

Jargon di atas merupakan satu nilai utama yang mengusung keberhasilan karya arsitektur dengan fungsi Green School ini. Sebuah karya bangunan yang mengangkat sekolah ini menjadi inovator dalam memperkenalkan “sustainability within education”.

Mengapa Sustainability ?

Isu tentang pemanasan global dan segala dampak pengrusakan bumi, rupanya menjadi perhatian utama yang mendunia dan mengundang aneka upaya memperbaiki cara hidup. Banyak kaum pemerhati kelas dunia yang mulai menghimbau agar kesadaran menyelamatkan bumi mampu menjadi gaya hidup era puluhan tahun ke depan. Sustainability adalah satu konten yang memiliki arti adanya “keberlanjutan”. Artinya, sebisa mungkin apa yang kita perbuat dan produksi  di atas muka bumi ini, dapat menjadi kontinuitas yang baik untuk diturunkan kepada generasi penerus kita di masa depan. 


Apa | Di mana | Bagaimanakah GREEN SCHOOL, Bali itu ?

Green School Bali ini berada di Desa Sibang Kaja yang berlokasi 30 Km dari Kota Denpasar. Merupakan sekolah unik yang digagas oleh John Hardy, desainer dan pengusaha perhiasan. Berdiri pada tahun 2008 silam dengan dua kurikulum ternamanya : Green Studies dan Creative Art. Dalam proses pengajarannya, mereka memiliki dua kontribusi penting : kesadaran akan lingkungan global serta perspektif khususnya mengenai isu-isu sosial dan budaya.  Tahun 2008, diinformasikan bahwa untuk dapat menyekolahkan anak-anak ke sana, diperlukan sekitar $9.500 /tahun. 

Apa yang Menarik dari Arsitektur Bangunan Green School, Bali ini?

Secara tipologi (bentuk tipe bangunan), sekolah ini melakukan inovasi dengan melepaskan fisik mereka dari bentuk-bentuk sebuah sekolah yang banyak dipakai. Image yang biasa kita temukan pada bangunan sekolah, tidak akan kita temukan pada bangunan sekolah unik yang satu ini. 
Green school ini memiliki material hanya ada bambu, alang-alang, rumput gajah, dan tanah liat di atasnya. Bisa dipastikan, semua material konstruksi nya merupakan material alam dengan nilai lokal dan dapat didaurulang. Ini merupakan bentukan penting sebagai konsekuensi dari tema Sustainability terkait penyelamatan bumi tersebut. 


CONNECTED WITH NATURE

Yah, itulah konsep utama dalam perancangan arsitektur dari Green School Bali ini. Konsep utama yang ingin “lebih dekat”ke alam ini juga menjadi tolak utama pemilihan lokasi / lahan yang berada di dekat sungai Ayung, Bali. Adapun implementasi arsitektural yang ada demi mengusung sustainability dan green architecture pada Green School Bali ini adalah :

  • Pembentukan ruang kelas tanpa dinding pembatas. Dengan cara ini, diharapkan secara sosial dan interaksi, para murid dan guru dapat lebih peka dan intim dalam menjalin hubungan edukasi dan sosial yang konduktif dan berkualitas baik.
  • Banyaknya elemen distraksi / pengalih perhatian pada lingkungan kelas dan sekolah. Distraksi yang diperoleh dari keelokan alam dan detail arsitektural ini diharapkan menjadikan murid-murid terbiasa dengan distraksi tersebut dan mampu tetap berkonsentrasi dalam pembelajaran. 
  • Bangunan tidak diberi penghawaan dengan Air Conditioner (AC) melainkan dengan kincir angin yang berada di terowongan bawah tanah, hal ini memungkinkan karena kondisi fisik lahan yang berkontur dan dekat dengan sungai dan hutan. 
  • Tenaga listrik berasal dari biogas yang memanfaatkan kotoran hewan untuk nyala kompor dan sebagainya. 
  • Tenaga listrik lainnya juga dengan menggunakan panel surya, sehingga tidak banyak boros dalam membutuhkan seumber energi elektrikal.
  • Adanya tambak udang dan peternakan sapi, mendukung adanya sumber energi alami dan bahan bakar (biogas) yang bisa digunakan tanpa polusi terlalu besar. 

Secara umum, selain sebagai inovasi dalam sustainability architecture, Green School Bali ini juga merupakan bangunan yang mengadopsi bentuk dan material kebudayaan lokal Bali sebagai inspirasi desain arsitekturalnya.


26 comments:

JUN said...

keren banget tuh sekolah!! Jadi pengen berkunjung kesana :s

Rean said...

itu sekolahnya setingkat apa ya? SD, SMP ato SMA? *penasaran, hehehe

W i e d e s i g n a r c h said...

@JUN : wah,,, silahkan mengunjungi jika dekat atau sempat.... ^_^ aku saja belum pernah ke bali T_T

@REAN : wow.... ini bukan jenis kurikulum seperti standar itu.... ini adalah sekolah khusus... ^_^ tapi diperuntukkan untuk tingkat setara SD ^_^

Ifan Jayadi said...

Indah banget arsitektur bergaya bali ini. Memang, Indonesia kaya dengan warisan budaya yang tak luntur dan lekang dimakan jaman :)

W i e d e s i g n a r c h said...

@ifan : semoga tetap bisa jadi kebanggaan untuk Indonesia yah ^_^

Rubiyanto Sutrisno said...

wow, mantaps, design bangunannya keren ....

W i e d e s i g n a r c h said...

@rubi : yup.... kalo berangkat kesana, titip salam yah ^_^ hehehehe

Ra-kun lari-laRIAN said...

salam kenal :)

W i e d e s i g n a r c h said...

@Rakun : salam kenal juga

Celotehan said...

ini sih bisa bikin murid2 pada betah disekolah yah, asri :)

W i e d e s i g n a r c h said...

@celotehan : iyah, tepat sekali.... bisa betah dan gak pengen cepet pulang... banyak tempat untuk larilari,, hihihi,,, banyak tempat rahasia... ^_^

narti said...

sekolahannya asyik, menyejukkan, pasti pada betah sekolah disana
tapi bayarnya??

dee said...

desainnya keren abiss!! ^_^de

Tomo said...

malam
wah bagus sekali tempatnya
unik benar
benar-benar unik

iam said...

Yaampun, keren banget :D
Langka banget kan ada tempat yang modelnya seperti itu :D

attayaya-mading said...

aku pernah liat di tipi beberapa waktu lalu
suatu gerakan nyata menyelamatkan lingkungan
salut untuk hal ini
para arsitek juga lagi heboh ma green design
semoga bener2 green

W i e d e s i g n a r c h said...

@narti : hihihi... harga sudah tercantum per 2008... dan memang dijamin mahal ^_^

@dee : desainnya memang jawara....

@tomo : unik namun kaya lokalitas budaya kita lho

@iam : sebenernya gak langka lagi kok... ^_^

@atta : bang atta bener banget ... green issue bener2 jadi tema populer sekarang

Gaphe said...

ini nggak cuman memuaskan dahaga pecinta arsitektur, tetapi juga bisa turut belajar bagaimana mengolah alam tanpa membuat/menambah masalah lingkungan.

kereen, kalo emang bisa sekolah disini.. menyatu dengan alam

Sang Cerpenis bercerita said...

disainnya sungguh unik ya.

IbuDini said...

Keren banget, bangunan yang unik dan menarik..kapan ya bisa kesana.

eha said...

kapan ya bisa punya sekolah kaya gitu?(ngiler.com)^.^

W i e d e s i g n a r c h said...

@gaphe : kalimat anda tepat sekali... ini bukan sekedar estetika, tapi juga fungsi yang kompeten ^_^

@mba fanny : iyah, aku juga suka lho ^_^

@ibu dini : ayo bu,,, kesana dan titip dunk denger ceritanya ^^

@eha : wah, hebat,,, pengen punya sekolah?? ^_^ aku juga ingin kalau bisa ^^

TUKANG CoLoNG said...

aku main2 kesana ah mumpung deket. :D

Imam Basori said...

waw tmpatnya keren...aq yg dri dnpasar ja bru dnger......besok mw kesana dech........

zack said...

kalo kunjungan kesana bisa tidak,, soalnya kami mahasiswa arsitektur rencananya mau kesana...

Bayu Blog said...

Disitu keren bro n sist
Banyak murid bulenya kalo lagi liburan pergantian musim
dari SD - SMA XD

Post a Comment

My Room (42) Curhat (21) Ribet (21) Bacaanku (20) Teman2ku (20) Quote (16) Love (14) MyProsa (14) Jalan-jalan (11) Arsitektur (9) Islamic (9) Bioskop (8) Memotret (5) Bernyanyi (3) Design (3) Year Ended (3) Akubaru (2) Movie (2) UlangTahun (1)
There was an error in this gadget
My photo
Di blogger world ini, aku cuma ingin merekam karya, merekam persahabatan, dan merekam proses kehidupanku. Semoga semua bersedia berbagi bersamaku dan blogku. ^_^