Posting Berikutnya!

Semoga tetap sabar menunggu posting setelah ini... Oh yah, kalau sempat,,, boleh tengok2 fotoku di Tumblr.. barangkali kalian suka ^_^

Jangan lewatkan !!

Monday, June 21, 2010

Mau Pamit & Minta Twitter



Gak mau kegeeran si penulis blog ini sebenernya, tapi kali aja ada yang lagi nunggu posting hari ini… Berhubung, dari tanggal 1 bulan juni sampe hari ini -21 bulan juni- si penulis blog rajin banget posting di setiap hari. Belom lagi blognya yang buanyak alih-alih sok bisa jadi karyawan banyak blogcompany, wkwkwk… ^-^v

Hei penonton, eh pembaca… Si penulis mo ngadu nih… Katanya mo minta izin dulu dari dunia per-blogging-an. Bukannya mau pensiun kok, berhubung tabungan tunjangannya aja belom cukup.. ^-^v, tapi karena alasan pertempuran demi masa depan cerah alias kompetisi kerja.

Beberapa yang ngikut twitter @wiedesignarch atau juga yang baca blog ini posting Mengurus SKCK, pasti ngeh kenapa penulis ini memutuskan mundur dari barikade depan dunia per-blogging-an (haiyah, belagu beut mentang-mentang tiap hari posting dengan komen rata2 20 biji –termasuk komen sendiri #maksa-)… ^-^v

Kenapa ??? Kenapa @wiedesignarch si penulis berhenti nge-blogging ?? #sokdramatis #norak

Penulis lagi diundang (bahasa elitnya) untuk mengikuti tes CPNS untuk bersaing menduduki bangku yang Cuma 2 persen !!.. Wedew, denger dua persen aja udah bikin merinding. Masa siy Cuma 2 persen ?!?! tapi mitosnya begitu lah…

Penulis gak bangga siy ikutan tes, tapi berhubung orangnya tekun, sungguh-sungguh, dan ulet #silahkandimakimaki , maka penulis memutuskan untuk lebih banyak berdoa dan belajar. So mohon didoakan yah, aku yakin kenapa bisa lolos undangan ini aja, pasti karena doa dari yang baca posting Mengurus SKCK, liat aja yang coment pasti terselip doa… hehehehe #seriuslho

Lalu ada apa dengan Twitter ? Baru juga seminggu beredar di Twitter lantaran lupa password dan males caritahu.
Ada yang bilang, kalo belajar mulu, bisa butek dan buluk. Apalagi orang desain, rada mampet kalo dipaksa belajar Kewarganegaraan dan Undang-Undang Dasar 45. Makanya, dengan semangat Pancasila –walau berbeda cara, tapi tetap satu juga niat exist di dunia maya-, penulis @wiedesignarch mau ngajak temen2 memaklumi keberpalinganku mencari refreshing di posting yang kurang dari 140 karakter alias Twitter, Koprol. Istilahnya, lebih mini lah dari pada memikirkan alinea-alinea posting blogspot ini. So, dicari nih rekomendasi nama2 Twitter yang cocok buat refreshing disela belajarnya @wiedesignarch … Maunya sih yang kreatif kayak #fiksimini @radityadika @vabyo @deelestari @benakribo @ihatequotes @greatestquotes @quraishshihab @wimar @bbintangb yang tweetnya bikin senyum sendiri #lupaniatbelajar …wkwkwk ^-^v

Yakz… sekian untuk posting hari ini … hari terakhir sampai waktu yang ditentukan! Tetep ditunggu tweet @twitter dan stream @koprol nya.. ^-^, Cuma satu nama buat nge-follow penulis : yaitu @wiedesignarch

P.S. Kegiatan blogwalking masih dilanjutkan biar ada silaturahmi, Insya Allah bisa…. ^-^v Doa kalian selalu menyertaiku bukan, sahabat pembaca? Amin ^-^v
P.S. Foto diambil pas lagi liburan ke Batu, Malang... dan tenang, bukan aku yang nyetir mobil itu.. wkwk..
»»  read more

Sunday, June 20, 2010

Mengintip Lengkung Jingga - Cihampelas Walk

Photo Launching

untuk ketiga kali nya, dalam pekan
perburuan foto Cihampelas Walk

Lihat edisi ketiga
»»  read more

Saturday, June 19, 2010

It's Night Outside


That guy is smiling. And he puts his shawl back to his nest. It’s apparently cold enough in that winter. But he knows, it’s not cold enough to freeze that lady warmth. And for the first time after long years, he smiles confidently to himself. Then he said, “You remind me of the coolest people I ever knew before.”That guy is smiling. And he puts his shawl back to his nest. It’s apparently cold enough in that winter. But he knows, it’s not cold enough to freeze that lady warmth. And for the first time after long years, he smiles confidently to himself. Then he said, “You remind me of the coolest people I ever knew before.”

Sahabat, ^-^ baca ya cerpen ini lebih lengkap disini.. ^-^v
»»  read more

Friday, June 18, 2010

Alasan Kita Berzuhud Menjauhi Dunia


==================
Quote : Allah Swt. sebenarnya tidak menuntut kita untuk membenci dunia. Dia hanya menuntut hamba-hamba-Nya untuk menjadikan akhirat sebagai perhatian utamanya dalam menjalani kehidupan di dunia.

Quote : Merasa takut dalam mencari rezeki karena keharusan memikirkan akhirat bisa dianggap sebagai sifat yang sangat manusiawi. Namun, bagi orang yang beriman, sifat tersebut adalah sifat yang sesat dan harus dibuang jauh-jauh karena setan-lah ternyata yang selalu membisikkan hal itu ke telinga kita. Karena bukankah Allah Swt. telah berjanji bahwa, “Kami tidak meminta rezeki darimu. Kami-lah yang memberimu rezeki.”
==================

Al-Harits bin Asad r.a. atau yang lebih populer dengan sebutan Al-Muhasibi menerangkan bahwa ada LIMA ALASAN mengapa kita harus berzuhud dan menjauhi dunia.
1.    Dunia dapat menimbulkan fitnah dan membuat hati sibuk dengan urusan-urusannya.
2.    Kelak dunia akan mengurangi derajat orang yang cinta kepadanya (dunia), sehingga si pencinta dunia tidak akan se-mulia orang yang zuhud (menjauhi dunia).
3.    Dengan menjauhi dunia akan mendekatkan seseorang kepada Allah Swt. sehingga ia akan mendapatkan derajat yang tinggi di surga.
4.    Penderitaan pada Hari Kiamat, penantian yang panjang di padang Mahsyar, serta banyaknya pertanyaan yang diajukan adalah karena seseorang banyak memiliki dunia.
5.    Dunia adalah yang paling layak ditinggalkan kalau ingin mengonsentrasikan diri beribadah kepada Allah. Oleh karena itulah, orang-orang yang cerdas dan mencintai Allah lebih memilih hidup zuhud di dunia.

==================
Quote : Dan ada baiknya kita mendengarkan pesan yang disampaikan oleh Iblis kepada anak-cucu Adam a.s., “Aku tidak perduli manusia mau menyembah patung atau berhala, yang penting mereka cintai dunia. Sebab fitnah yang terakhir itu lebih berbahaya daripada yang pertama.”
==================

Sahabat pembaca blog Wiedesignarch. Posting ini tercipta karena inspirasi tulisan seorang pezikir yang diakui kalangan (Ustaz Arifin Ilham) sebagai pezikir istikamah. Beliau adalah Asfa Davy Bya yang pada saat diterbitkan tulisan ini, adalah Pemimpin Redaksi Majalah Az-Zikra. Tulisan ini tersimpan di buku koleksi bacaan penulis Blog ini, dengan judul buku : Sebening Mata Hati, Oase Penyejuk Jiwa dan Pikiran.
»»  read more

Thursday, June 17, 2010

Koleksi Tiket Bioskop Juni 2010 Ini


Meski ga semua film yang aku sebut di posting kali adalah film yang kusuka, tapi ini adalah koleksi tiket bioskop cinema XXI dan 21 yang aku simpen untuk waktu yang cukup lama ternyata. Aku mengumpulkannya secara tidak sengaja, jadi banyak juga yang hilang.

Ada beberapa judul yang gak “GUE BANGET” tapi itulah, ini karena semata untuk memenuhi tuntutan makhluk sosial yang harus menemani temen2 yang punya selera film yang aneh aneh… wkwkwk….

Tapi, ada juga sih, yang karena aku emang lagi stress, jadi dah nonton film sekenanya… Tergantung kali itu aku pengen ke mal mana, wkwkwkwk…

Jujur, sahabat… aku bukan cewek yang senang mal.. Tapi aku, sangat senang Gramedia dan Cinema!! ^-^v

11 Juni 2010  ? Possession
7 Juni 2010  ? Sex And The City 2
28 Mei 2010 ? Prince of Persia
23 Mei 2010 ? Shrek Forever After
18 Mei 2010 ? A Nightmare on Elm Street
15 Mei 2010 ? Robin Hood
10 Mei 2010 ? Daybreakers
8 Mei 2010 ? Alangkah Lucunya
2 Mei 2010 ? Iron Man 2

25 April 2010 ? Menebus Impian
21 April 2010 ? The Ghost Writer
9 April 2010 ? Clash of The Titans

21 Maret 2010 ? Alice in Wonderland
19 Maret 2010 ? Hachiko
12 Maret ? Green Zone
5 Maret 2010 ? Bahwa Cinta Itu Ada

25 Februari 2010 ? The Lightning Thief
17 Februari 2010 ? The Wolfman

15 Januari 2010 ? Messenger 2
3 Januari 2010 ? Sherlock Holmes

28 Desember 2009  ? Sang Pemimpi
23 Desember 2009  ? Alvin and The Chipmunk
23 Desember 2009 ? Avatar
19 Desember 2009  ? Air Terjun Pengantin
8 Desember 2009  ? Ninja Assassin
4 Desember 2009 ? New Moon

1 Oktober 2009  ? Get Married 2
30 Agustus 2009  ? The Proposal
17 Agustus 2009  ? G.I. Joe
20 Juli 2009  ? Harry Potter
10 Juni 2010  ? Terminator Salvation
1 Juni 2009  ? Virgin 2
27 Mei 2009 ? Knowing
7 Maret 2009  ? Push
22 Februari 2009  ? Kalau Cinta Jangan Marah
22 Februari 2009  ? Pintu Terlarang
17 Februari 2009  ? Valkyrie

17 Mei 2008  ? Tarix Jabrix

Hohohoho…. Segitulah aib ku tentang tiket bioskop / cinema yang aku simpan sampai dengan detik ini…. Aku masih tak berusaha mencari sih tiket2 yang hilang.

Pertanyaan ku kali ini sederhana.. Di antara film yang tercantum itu, mana yang paling meninggalkan kesan dan favorit buat pengalaman kalian pas nontonnya?? Dan kenapa, sahabat pembaca?? ^-^v

Salam Kreatif yah!!!! 
P.s. Foto diambil oleh ibuku di Kebun Apel Batu, Malang. ^-^v
»»  read more

Wednesday, June 16, 2010

Possession Movie

19.04
Aku tak bisa membayangkan bagaimana jika harus tinggal dengan dua orang pria di rumahku. Yang satu pria yang jadi suamiku (Ryan) yang romantis dan tak mengenal hari tanpa cinta. Yang satu lagi pria yang berbadan seksi (Roman) dan berwajah rebel namun ganteng (sebenernya). Apalagi, aku ternyata disukai oleh keduanya. Benar-benar aku akan menjalani banyak ancaman lahir batin..


19.12
Betapa romantis ketika bisa menonton tv dengan suami romantis seperti Ryan berdua di sofa empuk. Apalagi, ada satu hal yang Ryan lakukan di sofa itu yang aku kagumi, yaitu membuat origami burung kertas. Dan kali ini dengan warna favoritku, merah menyala. Ketika Ryan bertanya padaku tentang keinginannya memiliki anak, kenapa aku begitu gugup. Pasalnya, aku tak siap. “How about if we lost us?” Cuma itu tanggapanku yang diterima keikhlasan dari Ryan.

19.15
Tak ada yang lebih menyenangkan seorang pencinta seni sepertiku, selain membayangkan Ryan, si suami romantis yang asik memahat patung wajah di ruang kerjanya. Apalagi bila patung cantik itu, dipahat dengan penuh perasaan dari tangan yang sensitif seperti milik dia. ^-^v Bahkan, yang sedikit membuatku mulai merasa agak aneh sebenarnya, Ryan terlalu romantis karena selain pemahat yang memiliki kepekaan tinggi, dia juga menyukai tanaman mawar yang selalu dirawatnya setiap hari. Mungkin cuma se-pohon mawar, tapi dengan pohon mawar itulah, Ryan menyelipkan mawar-mawar ke dalam tas kerja istrinya. How romantic he is!!

19.19
Ketika menjelang kejadian mengerikan, setting yang terlihat adalah jembatan di atas laut yang diselimuti kabut tebal luar biasa. Cuaca yang buruk dan kabut yang luar biasa tebal itu, sepertinya menjadi efek yang diinginkan pencerita. Tapi efek yang dramatis, memainkan peran disini untuk menggambarkan kecelakaan yang memakan dua korban, Ryan sang suami, dan Roman sang adiknya yang rebel tadi.

19.24
Aku bisa melihat wajah Sarah Michelle Gellar (Jess) yang khas disini jika bermain horror movie. Dia menjadi kuyu, mata sembab, dan satu lagi, ekspresi yang sedih berkepanjangan. Betapa tidak, ia telah ditinggalkan suaminya (Ryan) yang koma dan entah kapan bisa terbangun. Padahal dahulunya, Ryan selalu mengirim hal-hal romantis di dalam tas kerja, di kalung kaca berisi kertas, di kotak surat rumahnya sendiri, dan di halaman mawar yang selalu dirawatnya. Dan semua selipan romantis itu, selalu berinisial dibawahnya “FOREVER R” mean Forever Ryan.


19.27
Ryan dan Roman, memang keduanya kena koma. Tapi, luka yang diderita sangat berbeda. Dan benar saja, thriller dimulai. Tubuh Roman, sang rebel, terbangun dari komanya. Namun dia terlihat shock di depan cermin, karena melihat tubuhnya yang terpantul di bayang cermin. Oh, God! Waktu dia mencukur jenggot dan merubah penampilan rebelnya, dia memang jadi lebih tampan bukan? ^-^v

19.34
Kini, setelah kejadian itu. Jess membawa pulang Roman kembali lagi ke rumahnya. Dengan terpaksa, karena tampaknya ia belum pulih benar. Ditambah, tingkah laku Roman sangat berubah. Tak ada Roman yang rebel. Sebaliknya, ia memiliki sorot mata yang sedih dan lembut. Jess makin muak dengan perubahan aneh Roman, apalagi mulai ada lagi keromantisan Ryan yang dulu sebelum koma. Padahal Ryan masih koma, siapa lagi yang melakukan permainan konyol itu selain Roman. Jess begitu marah pada Roman.

19.41
Lucu memang, ketika menit ini kuingat. Aku pikir, ini beneran film horror. Apalagi digambarkan seolah ada pertukaran darah di kecelakaan di jembatan itu. Yang membuat penonton berpikir, ada pertukaran identitas Roman dan Ryan karena percampuran darah merah di lantai jembatan tempat kecelakaan itu. Benar-benar tipuan penonton yang gak mutu! ^-^ (wkwk,,, aku jadi maki2).

19.50
Sepertinya memang di dalam tubuh Roman ada jiwa seorang Ryan, suami yang dinantikannya. Dan Jess mulai menerima itu, dia yakin itu memang Ryan. Pasalnya, dia mengetahui semua rahasia dan bisikan rahasia romantis mereka dahulu. Dan sungguh unik, sementara tubuh Roman berkeliaran di luar bersama Jess dalam kondisi sehat, tubuh Ryan yang terbujur koma di rumahsakit bisa mengirim empati seakan kembar genetis. Misalnya, ketika tubuh Ryan mengalami serangan jantung di komanya, ternyata tubuh Roman mengalami nyeri di jantungnya juga saat bersama Jess. Dan itu mengkhawatirkan Jess. Roman yang mengaku Ryan ada di dalam tubuhnya, meminta agar Jess melepas selang penyambung hidup tubuh Ryan, agar tubuh Ryan tidak lebih menderita. Namun, Jess enggan melakukannya. Karena takut akan memperlemah tubuh Roman yang berisi jiwa Ryan itu. “Aku tidak bisa kehilangan kamu untuk kedua kalinya.” Begitulah Jess berkata.


20.09
Jess mulai curiga di menit ini. Dengan keadaan dia sudah hamil oleh tubuh Roman itu, Jess menemukan satu barang hadiah kalung yang rusak sebelum kecelakaan itu terjadi. Ternyata kalung rusak yang disembunyikan itu, adalah kalung asli. Berarti kalung yang dikembalikan oleh tubuh Roman yang menghamilinya itu, adalah kalung palsu?? ^-^v, thriller ini mah bukan horror… T_T!! Dan darimana Roman bisa memainkan sandiwara itu dengan sempurna? Karena Roman memiliki kunci rahasia untuk membuka peti berisi surat-surat Ryan ke Jess. Dan memang, Roman sejak dulu, sudah menyukai adik iparnya itu (Jess).

20.15
Dalam alur yang cepat, terlalu cepat malah, akhirnya terjadi perkelahian seru antara Roman yang sudah kelihatan tipuannya dengan Jess yang menyadari muslihat Roman. Dan? Roman mati di tangan Jess. ^-^v begitu aja?? Wkwkwk..

20.20
Jangan tanya kelanjutannya… Toh cerita berakhir dengan aneh, masih tetap film yang aneh ini ^-^v. Yang pasti, Jess kali ini berusaha tegar, dan menunggu bangunnya Ryan suatu hari nanti. Ryan masih koma, dan belum menandakan kemajuan.
»»  read more

Tuesday, June 15, 2010

Unsur Titik dan Turunan dalam Arsitektur

Titik, adalah satu unsur arsitektur. Titik tidak memiliki dimensi (ukuran), sehingga harus diproyeksikan dari permukaan tanah secara vertical sehingga menjadi garis (contohnya saja Monas milik Indonesia itu ^-^v).

Apakah ada yang tahu, bahwa turunan dari titik, salah satunya adalah lingkaran ?

Sementara turunan dari lingkaran, adalah Silinder dan Bola. Perhatikan saja gambar perubahannya.



Titik
Penggunaan Titik dalam Arsitektur, dicontohkan pada bangunan kuno di Roma. Yaitu Piazza del Campidoglio, yang berdiri tahun 1544.
Piazza del Campidoglio menjadikan unsur titik, sebagai poros/sumbu pusat ruang kota di Roma ini. Titik itu diwujudkan dengan bentuk sebuah patung penunggang kuda Marcus Aurelius. 


Lingkaran
Penggunaan turunan titik berupa lingkaran, dicontohkan pada bangunan kuno Kuil Tholos of Polycleitos, Epidaurus di Yunani, berdiri tahun 350 SM. Bangunan kuno ini kini tinggal situs sejarah yang tetap dipelajari komposisi dan nilai ke-Dewa-an dari setiap komposisi lingkarannya.


Silinder
Penggunaan turunan lingkaran, berupa silinder, dicontohkan pada bangunan kuno tempat baptis di Pisa, Italia yang berdiri sekitar tahun 1265 dengan perancang bernama Dioti Salvi. Bangunan kuno ini menampakkan tiang-tiang kosmik yang berawal dari denah melingkar. 

Bola
Penggunaan turunan dari lingkaran, berupa bola, dicontohkan pada bangunan lama (monumen) sebagai untuk mengenang Sir Isaac Newton pada tahun 1784.
Spiral
Selain turunan titik berupa lingkaran, adalagi yaitu Spiral. Bangunan arsitektur dengan penggunaan unsur spiral ini, dicontohkan dengan kawasan cantik dan indah bernama Mout Saint Michel. Kawasan ini berdiri di Perancis mulai sejak abad ke 13. Komposisinya membentuk spiral mengerucut ke atas. Ini menyimbolkan biara yang di puncak, dibentengi dengan sebuah tempat khusus dalam lansekap.

Pustaka gambar referensi :
  • Piazza del Campidoglio
    http://ms.fci.unibo.it/~baccolin/montov.camapid/Da%20Montovolo%20al%20Campidoglio.htm
    http://www.digitalapoptosis.com/archives/italy/001703.html

    Tholos of Polycleitos, Epidaurus
    http://nautarch.tamu.edu/class/353/image%20list3.htm
    http://www.altani.gr/english/sel1.htm

    Baptis Pisa - Dioti Salvi
    http://n1italy.com/pisa.aspx

    Monument for Sir Isaac Newton
    http://www.flickr.com/photos/glenhsparky/3540801270/

    Mont S michel - France
    http://pondstonecommunications.wordpress.com/2009/10/27/the-10-c
»»  read more

Monday, June 14, 2010

Mahasiswi Miskin Bicara tentang Ikhlas


    “Mami, lalu aku harus bagaimana? Semuanya berantakan, banyak sekali yang harus diselesaikan, Mi,” ujarku lirih.
    Mami tersenyum. “Tari, kamu ikhlas dengan semua yang sudah terjadi ini?”
    “Sedikit…”
    “Kenapa sedikit? Bagian mana yang belum ikhlas?”

----------------------------------------

    “Ikhlas itu nggak pake tapi, Sayang. Ikhlas berarti kamu menerima segalanya dengan lapang hati kesalahan dalam bentuk apapun yang sudah pernah terjadi.”

    “Biarkan hati kita seluas lautan. Ibarat setitik tinta yang kalau kamu teteskan di segelas air dan bakal bikin airnya hitam.  Beda dengan kalau kamu teteskan ke laut. Ngerti kan, Tar?”

-----------------------------------------

Sahabat, quote ini diambil dari petikan kisah perjuangan seorang mahasiswi miskin bernama Matari Anas. Dengan berbekal tekad tinggi dan penghinaan dari ayah kandungnya, Matari berangkat ke Bandung untuk berkuliah dengan modal hutang dan doa kakaknya yang sarjana namun tidak memiliki pekerjaan menjanjikan. Matari Anas yang selalu menghitung total hutang dan menghitung resiko di setiap perjalanan meneruskan kuliah hari per hari, pernah juga nekat tanpa sadar berhalusinasi dan melukai dirinya sendiri seperti hendak bunuh diri.

Cerita ini, mendapat dukungan penuh dari sosok pemuka pendidikan di Indonesia, termasuk kak Seto yang adalah Ketua Komnas Perlindungan Anak. Karya motivasi untuk para penimba ilmu ini, dikemas dalam novel karangan Adenita berjudul “9 Matahari”.

------------------------------------------

Sahabat pembaca blog Wiedesignarch, boleh aku bertanya? Hal apakah yang paling sukar pembaca ikhlaskan di muka bumi ini? Bayangkan, jika sebuah tangan yang besar, berencana merenggut sesuatu yang dimiliki pembaca saat ini. Maka, apakah yang paling sulit untuk pembaca ikhlaskan ??

Selamat ber-hari Senin yah, sahabat pembaca!
Dan semoga, amal usaha dan ikhtiar kita mendapat berkah Yang Maha Kuasa, dan tidak lupa diingatkan agar kita selalu bersyukur untuk apa yang kita dapatkan sejauh ini. ^-^v
P.S. Foto diambil Wiwied di kamarnya sendiri ^-^v,,, koleksi bacaan jaman sebelum menyukai buku religi ^-^v
»»  read more

Sunday, June 13, 2010

Sang Penjaga Pilar Merah - Cihampelas Walk

Photo Launching

untuk kedua kali nya, dalam pekan
perburuan foto Cihampelas Walk

Lihat edisi kedua
»»  read more

Saturday, June 12, 2010

Hug Your Anger


------
Hug Your Anger
 
(Ketika Berdamai hanyalah
satu cara Terindah untuk Kisah Lalu)
------
»»  read more

Friday, June 11, 2010

Apa Benar Tuhan Ada di Atas ?


Banyak yang mengatakan Arasy berada di atas langit ke tujuh. Kalau itu benar, maka sikap kita yang berdoa dengan cara menengadah dapat dimaknai “Allah berada di atas sana’.

Seberapa luaskah langit di atas sana sehingga mampu mewadahi zat Allah? Jika kita mengakui Allah berada di langit, berarti kita menolak eksistensi Allah di bumi. Apa iya?

Ada yang memahami Tuhan berada di surga sehingga jamak bila mereka berkata “yang di atas” sebagai kata ganti Tuhan.

Pertanyaannya, jika Allah memang betul tinggal di surga, maka konsep Allahu Akbar dalam Islam tidak masuk dalam pemahaman ini. Jika Allah berada di surga, berarti surga lebih besar daripada Allah.

Ada yang mengatakan Allah ada di hati kita, bahkan dikatakan Allah lebih dekat daripada urat leher seorang hamba.

Kalau begitu, maka orang bisa saja berkata, kalau begitu Allah itu lebih dari satu sehingga Dia berada di setiap hati manusia. Padahal Islam jelas mengatakan Allah itu Esa. Berarti konsep Allah ada dihati kita tak dapat diterima.

Renungkanlah sejenak saja dialog dari Imam Ali Bin Abi Thalib k.w. yang diucapkan kepada sekelompok pendeta Yahudi.

“Aku sudah tahu apa yang kalian tanyakan dan kamu bantah, dan sekarang aku katakan bahwa Allah Azza wa Jalla yang mengadakan ‘mana’(tempat), karena itu ‘mana’ tidak berarti bagiNya. Dia sangat tinggi untuk diliputi tempat. Dia ada di segala tempat tanpa bersentuhan dan bergandengan. Dia mengetahui segala yang ada padanya. Tidak ada sesuatupun yang lepas dari pengawasan-Nya. Dan akan kuberitahukan kepada kalian tentang yang ada di dalam salah satu kitab kalian yang membenarkan apa yang kukatakan tadi, jika kalian tahu apakah kalian percaya?”

Mereka menjawab, “Silakan!” Imam Ali meneruskan, “Tidakkah kalian membaca dalam sebagian kitab kalian bahwa Musa bin Imran a.s. suatu hari pernah duduk,

tiba-tiba datang kepadanya Malaikat dari arah timur, lalu Musa a.s. bertanya, ‘darimana kamu datang?’
Malaikat menjawab, ‘Dari Allah Swt.’

Kemudian datang lagi dari arah barat, dan Musa a.s. bertanya, ‘Dari mana kamu datang?’
Malaikat menjawab, ‘Dari Allah Swt.’

Kemudian datang lagi Malaikat dari langit ketujuh, dan berkata, ‘Aku datang kepadamu dari langit ketujuh, dari Allah.’

Dan datang pula Malaikat lain yang berkata, ‘Aku datang dari bawah bumi yang paling bawah, dari Allah.’

Lalu Musa a.s. berkata, ‘Mahasuci yang tiada tempat kosong dariNya dan tiada satu tempat yang lebih dekat kepadaNya daripada tempat yang lain.’”

Mendengar jawaban Imam Ali k.w., orang-orang Yahudi itu kemudian berkata, “Kami bersaksi bahwa itu benar!”

Pertanyaan “di mana” dengan demikian hanya bisa dikenakan pada sesuatu yang berada di dalam ruang. Padahal yang terjadi pada Allah Swt. adalah sebaliknya : ruang itulah yang berada di dalam Allah! Demikian juga Allah Swt. tak terikat waktu karena Allah Swt. tidak berada di dalam dimensi waktu, tetapi sebaliknya dimensi waktu itulah yang berada di dalam Allah Azza wa Jalla. Allah Swt. adalah kemutlakan bagi dimensi ruang dan waktu.

---------------------------------------------------

“Dan kepunyaan Allah lah kerajaan langit dan bumi dan kepada Allah lah kembali (semua makhluk),” (Q.S. An-Nur [24]:42).

“Kepunyaan Allahlah apa yang dilangit dan apa yang di bumi, dan adalah (pengetahuan) Allah Maha Meliputi segala sesuatu,” (Q.S. An-Nisa [4]:126).

---------------------------------------------------

Sahabat pembaca blog Wiedesignarch. Posting ini tercipta karena inspirasi tulisan seorang pezikir yang diakui kalangan (Ustaz Arifin Ilham) sebagai pezikir istikamah. Beliau adalah Asfa Davy Bya yang pada saat diterbitkan tulisan ini, adalah Pemimpin Redaksi Majalah Az-Zikra. Tulisan ini tersimpan di buku koleksi bacaan penulis Blog ini, dengan judul buku : Sebening Mata Hati, Oase Penyejuk Jiwa dan Pikiran.

Sahabat, jadikan diri kita tidak hanya cerdas secara material dan ilmu pengetahuan intelektual semata. Jadikan diri kita, juga cerdas secara spiritual dan emosional. Maka, dengarkan selalu apa suara nurani yang terbisik di sana, dan sampaikan rohani yang kaya ilmu untuk mendengarkannya.

---------------------------------------------------


»»  read more

Thursday, June 10, 2010

Sudahkah Ilmu itu Mendarah Daging ?


Saat aku duduk di bangku SMP, aku bisa dengan mudah selalu menjadi juara kelas. Maklum, waktu itu SMP ku bukan SMP unggulan. Hihi ^-^v… Aku anak rajin sebenernya waktu itu, bahkan aku sering menghafal biologi dengan gaya “keguru-guruan” di dekat pohon cabe di rumahku itu.

Waktu di usia SMP itu, kurang lebih tahun 1997, ibuku yang adalah dokter yang pandai luar biasa, pernah bilang padaku :

    “Wiwied…”, ibuku menghampiri ku yang berjuang keras menghafal di sebelah pohon cabe, “kamu lagi apa?” begitu tanya ibuku sambil mengambil kursi plastik.

    Halaman belakang rumah kami, sempit sekali. Pohon cabe pun hanya tumbuh satu buah. Dan aku, melihat ibuku duduk di kursi plastik sambil serius menunggu jawabanku.

    Aku yang sedari tadi memegang erat buku hafalanku, segera melipat bukuku sambil menjelaskan ke ibuku, “Besok aku ulangan biologi, Buk! Jadi deh hari ini menghafal biologi.. Nih udah, tinggal dikit!” dengan bangga aku pamerkan kesungguhanku di depan ibuku.

    Ibu tersenyum, lalu berkata dengan tiba-tiba, “Sini coba kamu perhatikan.”

    Aku melihat ibuku sedang menunjuk pergelangan tangan kirinya yang putih dengan jari telunjuk kanannya. “Di sini, ada nadi. Di dalamnya ada pembuluh darah arteri.” Aku memperhatikan sambil menebak-nebak, apakah ibuku sedang mengujiku.

    “Darah yang di arteri mengalir dengan bantuan denyut untuk bisa sampai dari sini (pergelangan tangan) ke arah atas sini (pangkal lengan). Dan darah itu akan sampai ke jantung sini, supaya kita bisa hidup dan berpikir untuk mengerjakan soal ujian.” Aku masih berpikir tentang penjelasan itu, terlalu sederhana, pikirku.

    “Begitulah ilmu, Wied.” Deg! Aku langsung mengerti ke mana arah perkataan ibuku tadi.

    “Jadikan ilmu itu menjadi darah dibawah kulit kita. Menyatu dengan daging tubuh kita. Supaya tetap lekat di hidup kita, tanpa pernah pergi dari setiap sudut badan kita.” Ibu segera membenarkan posisi duduknya mengabaikanku. Kali ini, ibuku duduk menghadap pohon cabe. Ia menikmati pemandangan sederhana itu tanpa kutanya mengapa. Karena aku masih berpikir, tentang ucapan bijaksana ibuku yang baru saja.

-----------------------------------------------------


Sahabat, sobat, kakak, om, tante, apakah ilmu yang kita punya sudah mendarah daging yah? Aku selalu merasa tersindir tiap kali ingat kejadian itu. Pasalnya, aku seringkali hanya mengandalkan SKS atau Sistem Kebut Semalam dalam menghadapi ujian-ujianku.

Pernah, sering malah, aku mencoba menyicil belajarku dari jauh-jauh hari, supaya bisa tidak ngebut menghafal di malam sebelum ujian. Tapi hasilnya, aku tetap saja lupa lagi dengan materi yang sudah kucicil. Dan karena itu sering terjadi, alhasil aku balik lagi ke kebiasaan SKS ku.

Dan aku menyimpulkan, ilmu yang kupelajari, bukannya mendarah daging, tapi justru cuma jadi KETOMBE. Jadi aku hafal di sebelum ujian, saat ujian aku lancar menjawab, tapi sepulang ujian COPOT SEMUA ilmuku itu. Hihi ^_^ tragis…

Aku jadi bertanya, sebenarnya apa yang membuat ilmu sekolah ku itu jadi seperti sulit mendarah daging? Banyak jawaban yang berkecamuk : mungkin karena terpaksa mempelajarinya, mungkin karena ilmu itu tidak menarik, mungkin karena ilmu itu tidak aplikatif dengan keseharian, dan lain lain, dan lain lain… ^-^v

Aku tahu, bila membicarakan ini, selalu ada cabang pembicaraan yang lain. Tapi aku mencoba focus, untuk merahasiakan topik cabang lainnya. Mungkin aka nada di postingku lain waktu. Hihi ^-^v (menahan diri mode ON)

------------------------------------------------------

Ada satu pembicaraan menarik. Bagaimana kalian akan membesarkan / sudah membesarkan anak-anak kalian agar menjadi cerdas menimba ilmu?

Aku punya contoh dua keluarga di keluarga besarku, dengan ciri pembelajaran anaknya yang berbeda pula khasnya.

Keluarga Om Sulis (almamater UGM), membesarkan anaknya di sekolah Islam. Anaknya tiga, pintar semua dalam hafalan Al-Quran dan Hadits. Mereka setiap hari diharuskan menghafal, menghafal, menghafal. Dari doa keseharian, sampai ayat-ayat juz Al-Qur’an. Bahkan mereka juga wajib menghafal kalau lagi di mobil traveling. Ibu mereka hebat karena sabar memandu dan menghafal semua.

Keluarga Om Bambang (almamater ITB), membesarkan anaknya di sekolah umum. Anaknya dua, pintar semua! Hobi mereka akut parah, yaitu membaca buku-buku pengetahuan baru. Ada yang berbentuk ensiklopedia, gambar-gambar komik pengetahuan, sampai ke software aplikasi belajar berbahasa inggris-indonesia. Mereka setiap hari (tanpa diharuskan) selalu mebawa buku ensiklopedi dan komik pengetahuan mereka, entah itu saat traveling atau juga saat berlibur keluarga.
»»  read more

Wednesday, June 9, 2010

Sex and The City Movie 2


17.44
Ternyata inilah ikon dari pernikahan dari sepasang gay. Hm, pernikahan yang lebih terasa “virgin” daripada ciptaan seorang gadis normal menikah. Pernikahan itu didekorasi ala putri salju yang sungguh terlalu keputri-putrian. Bahkan dibuat jembatan seperti rumah barbie yang lengkap dengan angsa putih ?? (xixi, yang benar saja ^-^v)… dan satu lagi yang tak boleh lupa kusebut dalam pernikahan gay, yaitu para wedding singer yang adalah cowok bertampang boyband semua… well, seperti kumpulan wajah yang terlalu tampan. ^-^v

17.52
Okey… setidaknya tidak terlalu ilfill dengan pernikahan homo ini. Karena toh, mereka sangat kaya sehingga mampu membayar penyanyi panggung si Liza Minelli yang menari musik dengan dance-choreography yang seru banget. Dengan wajah setua itu tapi selincah itu menari, mengingatkanku akan Mamma Mia yang dibawakan Merryl Streep. ^-^v

18.03
Hahaha… Bisakah kamu bayangkan, begitu hebat disana. Charlotte bahkan tanpa curiga awalnya, bisa membayar pengasuh yang bahkan tak memakai bra atau pakaian dalam apapun ?? Ck ck ck,,, ini memang konyol. Entah siapa yang nanny ini buat senang, si anak Charlotte? Atau malah suami Charlotte.. hoho… Jude Law, hukum dalam membayar pengasuh anak kita .. xixi

18.05
Satu hal yang bisa kau contoh dari sosok Carrie yang modis ini. Ia mencoba hidup menetap di rumah yang dihuninya bersama suami, Big Preston. Ia katakan, memiliki hunian itu adalah satu cara yang lebih membumi alias down-to-earth. Namun tetap tak lupa, ciptakan surgamu sendiri juga di rumah. Dalam hal ini, tentu saja ruang lemari pakaian Carrie yang berlimpah kemewahan. ^-^v, ambil saja hikmah baiknya… xixi

18.08
Hm,,, benar juga apa yang dikatakan kepada Miranda sang cewe pandai. Buat apa tetap bekerja pada perusahaan dengan posisi tinggi, jika di kantor saja tak ada yang lebih menghargai daripada anggota rumahnya. Hm.. andai bisa sepede dia itu. ^-^

18.15
Wah… Unik dan repot juga. Kalau Carrie yang glamoris harus menjalin romansa dengan si makhluk Kuno seperti Big Preston.

18.21
Aku gak sangka, bisa ketemu Miley Cyrrus disini. Well, baru beberapa minggu lalu aku posting terjemahan lagu dia dalam puisi, kan?? Hihi…

18.24
Penelope Cruz ada disini ?! Ya ampun, seksi banget… setelah terakhir kali aku dibuat takjub pas nonton Nine dari Italia itu… keren aksi pelacurnya disana ^-^

18.26
Jadi begini yang dimau Carrie. Hidup hanya berdua dengan sang suami, tanpa anak satu pun. Dengan tujuan ingin menjadi sparkling yang gemerlap sebagai panutan yang menyilaukan… Hihihi, ada saja yah cara unik mereka tentang orang yang berbeda dari yang lain. Disini, mulai mustahil.. ^-^

18.28
Aq iri dengan gaya kerja si Carrie yang menulis vogue. Bukan karena ia menulis majalah itu (toh aku bukan pecinta fashion), tapi karena bisa bekerja di atas tempat tidurnya sendiri!! Itu cita2ku ^-^ …Di apartemen bukan diruang kerja kantor. “Think about nothing but writing.”

18.30
Carrie dikejutkan dengan cara kekasih membuat surprise romantic. Kencan ala muda lagi. Seperti tahun 1998. Aku bayangkan mungkin adegan ini membuat pecinta Carrie bernostalgia lagi mungkin yah?? ^-^

18.33
Hihihi… Lucu saja… Preston pengen ada waktu 2 hari libur dari pernikahan mereka. Apakah benar ada hari libur pernikahan ???

18.35
Hohohoho…. Petualangan mereka dimulai dengan Maskapai penerbangan ke Abu Dhabi. Afdhal Air. Hohoho, Saudi Arabia mereka katakan terbelakang. Tapi lantas mereka dijelaskan bahwa Abu Dhabi adalah New Mideast!! Yang notabene lebih modern! ^-^

18.38
Charlotte : “Apakah gagasan Big Preston tidak membuatmu sakit hati? Karena pernikahan seperti pekerjaan?” Ini dia kalimat kesukaanku… yang benar saja bukan?? ^-^ Pernikahan jadi pekerjaan, tradisi Negara sebelah manakah itu, jawab saja sendiri… hihi


18.40
 “Abu Dhabi Do!” Gilaaaa…. Begitu rupanya bentuk bandara Abu Dhabi! Ck ck ck… futuristic banget…. ^-^ salah satu bandara yang paling kusukai adalah Changi… Tapi Abu Dhabi… wow…. Seperti keabisan kata melihatnya ^-^v

18.45
Tak pernah aku bisa bayangkan seperti mereka, bisa tidur di hotel mewah dengan sahabat. Lalu tiap orang dari kita, diberi satu pelayan masing2 yang tampan dan bikin cinlok begini.. Mantaph sekali, coba kita berkhayal ^-^v ooohhhh…….!!! Arsitektur hotel abu dhabi yang mewah, penuh warna dan ornamen timur tengah. Bahkan keempat orang ini belajar juga tentang Abayyas : Jilbab, dan Niqab : cadar. Akses internet di blokir disana karena kata hormon dan hot. Lalu ada cewe bercadar memesan makanan kentang. Mereka berempat hanya geleng kepala… musti makan kentang dengan cara seperti itu, kapan kelarnya… hahahaha, satu lagi kekonyolan orang barat menilai kebudayaan timur. ^-^

18.52
Aku setuju kalau pelayan Carrie bernama Gaurau itu tampan. Ia punya istri orang India. “Time doesn’t matter, each time we met we’re happy”.

18.54
Pergi ke pasar tradisional : pasar bumbu, kain ini serupa saja dengan tanah abang Indonesia… hihi…. Oh disebut Miranda Souk.

19.00
Bikini buat yang berjilbab. Burkini,, kalo gak salah itu yang disebut Miranda ^-^

19.02
Miranda membuat kesepakatan bahwa intervention akan diganti dengan inter-fun-tion. Mereka berhigh-heels ke padang pasir. Hm, mereka gaya di atas unta berkat kecerdasan Miranda menentukan acara. Tapi aku takjub, mereka berempat kontras banget bersanding dengan unta dan padang pasir… Sejauh yang aku tahu, di film padang pasir jarang ada yang berpakaian seterbuka mereka,,, hihi


19.06
Samantha melihat si “Lawrence Arabia” yang ternyata adalah arsitek. Hihihi,,,, jadi orang necis amerika sangat bekhayal mengencani arsitek ya??? Hm…. Aku kan arsitek katanya ^-^v… xiixi..

19.07
Diskotek di Abu Dhabi. Dengan penari perut. Dan Samantha juga bengong kenapa disana perut dan paha bisa terlihat.

19.09
Karaoke dengan lagu I AM Woman, cewe arab yang kesini cantik2 yah. Diiringi penari perut. Flirting Samantha dengan arsitek itu sangat keren. Namanya Rikard Sprit. Hm,,, apakah cara flirting Samantha bisa kugunakan dan jitu?? Hm… penasaran juga sih…

19.09
Curhat antara Charlotte dengan Miranda dilakukan di bar. Keren dan boleh,,, aku salut kalo lihat acara persahabatan seperti itu ^-6

19.23
Sementara dengan polosnya Carrie bermain api dengan bertemu Aidan. Kayaknya klise yah ,,, tapi ya emang segitu aja kejadian yang bikin konflik disini ^-^v… simple sekali yah ^-^

19.27
Pendapat Samantha yang genit, memang masuk akal saja buat orang kebanyakan menilai : Abu Dhabi terdepan soal menjaga tradisi, tapi terbelakang soal sex. Dan Carrie benar lagi berpendapat : secret make it worse, that’s why I am telling you right now. Dia bilang makin lama menyimpan rahasia, efeknya makin sulit diperbaiki permasalahannya.

19.31
Padahal Samantha tau bahwa mencium lawan jenis di pantai Abu Dhabiadalah illegal. Dan Samantha ditangkap karenanya. Yang lucu adalah saat diperiksa paspor, ternyata ada kondom disana.  Hahahahaha…. Yakin Cuma ciuman, Samantha???

19.36
Mereka berempat panik dan harus bergegas dan berkemas hanya dalam satu jam.  Lucu melihat Charlotte yang kebingungan menata pakaian yang harus dikemas. Dan semua pakaian itu, gemerlap, tapi tak muat lagi di koper nya yah ^-^

19.42
Mereka mengikuti gadis-gadis bercadar dan menemukan kumpulan wanita pencinta mode. Ternyata mereka yang bercadar itu ikut forum arisan yang menyukai mode. Dan dibalik gamis hitam dan cadar mereka, tersembunyi koleksi musim semi dari Louis Vuitton… ^_^ ahahahaha

19.48
Big Preston merasa sakit hati dengan mengatakan bahwa ia menganggap walaupun Carrrie telah menulis tentang sumpah pernikahan, sebenarnya Carrie tidak mengerti tentang sumpah itu harus dijaga. Maka ia memilihkan untuk mengingatkan carrie dengan cincin pernikahan, yang adalah berlian hitam. Kenapa? Because you’re a different from others…^-^ so sweet ?? ^^

19.53
Lagu true colors…. Melagu dengan romantisnya ^-^

»»  read more

Tuesday, June 8, 2010

Ciri-Ciri Bentuk Dalam Arsitektur

“Bentuk Arsitektural adalah titik temu antara massa dan ruang…”
Edmund N. Bacon : Perancangan Kota : 1974

    Dalam mengerjakan seni dan perancangan, bentuk adalah istilah yang sangat sering disebut.

Namun sebelum berbicara bentuk, kita telah mengenal bagaimana unsur-unsur pokok pada minggu lalu (pasti lupa en belom baca). Xixi. Intinya, ingatkan pelajaran kimia? (I’m Really Good On It!) Ada Unsur dan ada Senyawa. Nah, Unsur adalah berdiri sendiri, sementara Senyawa adalah kolaborasi unsur.

Yepz… Begitu pula dengan Unsur dalam arsitektur. Yaitu : Titik. Dan juga Kumpulan Titik yang menjadi Garis / Kurva. (berdoa semoga gak pusing pembacanya) ^-^v

Itu tadi tentang UNSUR pokok dalam arsitektur. Sekarang, kelanjutan dari Unsur tersebut adalah BENTUK.

Bentuk sebenarnya adalah kumpulan unsur-unsur yang mempunyai komposisi dengan peranan yang saling terhubung. Hm, itu barusan sih bahasaku. ^-^v, xixi

Bayangkan. Bentuk SEGITIGA
Unsur nya adalah : tiga buah Titik dan tiga buah GARIS.

Bayangkan. Bentuk SEGIEMPAT
Unsur nya adalah : empat buah Titik dan empat buah GARIS

Bayangkan. Bentuk LINGKARAN
Unsurnya adalah : titik tak terhingga, dengan kurva yang menutup sempurna.

Yah, yah… sebenarnya kalian bisa mendefinisikan bentuk-bentuk itu dengan mata kreativitas kalian sendiri. Berbicara seni dan perancangan apalagi desain, memang bukan ilmu pasti dominasinya. Dan pasti saja, harus out-of-the-box… Begitulah kalimat pemuka-pemuka desain. ^-^v

Yippie yippie…
Judul post hari ini adalah ciri-ciri dari bentuk itu sendiri. Apa sajakah ??

1.    Wujud : yang artinya adalah memang terlihat oleh mata dan pengindraan visual kita. Kalau tidak wujud, dan tidak nyata, itu pastinya abstraksi. Namun selama bergelut di dunia desain, setiap bentuk, adalah wujud. (Berbeda dengan dunia tulis menulis, yang menggambarkan bentuk sebagai abstraksi atau metafora kehidupan, hehe). 

2.    Warna : adalah salah satu lainnya yang menjadi ciri dari sebuah bentuk. Sesuatu yang wujud, memiliki warna. Dan ini akan saling berkait erat satu sama lain dalam ilmu seni dan perancangan. Ada alasan kuat di balik pilihan bentuk, dan ada alasan kuat di balik warna dari bentuk yang dipilih itu.

3.    Tekstur : adalah ciri yang lainnya. Bentuk adalah wujud, memiliki warna, dan pastinya memiliki tekstur. Ada yang halus, ada yang tidak rata. Tekstur ini ternyata tidak se-dangkal itu saja. Karena ada pula istilah tekstur-visual. Hehehe, tapi itu obrolan dosen tingkat tinggi. Dan aku masih curi-curi tahu. Hihi… ^-^v


»»  read more

Monday, June 7, 2010

Renta Bicara tentang Takut Menjadi Tua


    “Kita tahu bahwa penuaan tidak hanya berarti pelapukan, tetapi juga pertumbuhan. Penuaan tidak hanya bermakna negatif, bahwa kita akan mati, tetapi juga makna positif dan karena itu, kita berusaha untuk hidup dengan cara lebih baik.”

    “Sesungguhnya, semua usia ada dalam diriku. Ada aku yang tiga tahun, ada aku yang lima tahun, ada aku yang tiga puluh tujuh tahun, aku yang lima puluh tahun. Aku telah melewati semuanya, dan aku menghayati yang kurasakan dalam usia-usia tersebut. Aku senang sebagai kanak-kanak ketika aku memang masih seorang anak kecil. Aku senang sebagai orang lanjut usia yang katanya bijak apabila aku memang pantas menjadi orang lanjut usia yang bijak. Kubayangkan bahwa aku bisa menjadi yang manapun! Dalam diriku ada semua usia, dan ini terserah aku. Kau mengerti?”

------------------------------------------------

Quote dikutip dari ucapan Morrie, penderita ALS yang mulai mendekati kelumpuhan totalnya. Dan didokumentasikan jurnal akhir hidupnya oleh Mitch Albom, sang “mahasiswa” kesayangannya.

-------------------------------------------------

Teman-teman pembaca blog Wiedesignarch, apa kabar kalian dan semangat kalian hari ini? ^-^v, aku selalu merasa kalian sungguh beruntung karena menemukan cara hidup yang nyaman bagi kalian hingga hari ini.
Aku kutip quote ini tidak lain untuk memberi suntikan semangat tentang makna kehidupan kita semua di awal pekan ini. ^-^v Dan masih seperti di pertemuan quote kita di hari Senin sebelumnya, aku renungkan bahwa motivasi selalu datang dari menyimak segala kejadian dan mempercayai segala cita-cita. ^-^v, aku butuh semangatku, aku butuh semangat kalian, dan aku butuh kita semua saling memberi semangat. Semoga tak salah berkata demikian yah ^-^, hehe.

Jangan takut dengan bertambahnya usiamu, begitulah yang kupelajari dari quote ini. Morrie ajarkan bahwa tidaklah benar jika ada yang bilang masa muda adalah masa yang paling menyenangkan. Karena ia mengakui dan yakin semua mengakui bahwa masa muda adalah masa yang paling penuh dengan rasa sakit, penuh rasa kecewa, dan juga banyak kegalauan yang merasuk di masa itu.
Morrie juga mengakui bahwa masa muda adalah masa dimana kita bukan individu yang arif, dan kita cenderung sangat mudah tertipu dengan hal-hal di dunia ini. Dan sekali lagi, ketidakarifan masa muda membuat kita ceroboh dan mudah dimanipulasi.
Dan sahabat pembaca, Morrie ajarkanku untuk menjadi akrab dengan masa tua yang akan hadir atau telah hadir. Karena seperti katanya dalam sisi positif menjadi tua, kita menjadi semakin banyak tahu, dengan bertambahnya usia kita.

P.S. Foto diambil Wiwied dari sebuah pohon di tepi pantai Kalianda, Lampung. ^-^
»»  read more

Sunday, June 6, 2010

Selasar Berlantai Zebra - Cihampelas Walk

Photo Launching

untuk pertama kali nya, dalam pekan
perburuan foto Cihampelas Walk

Lihat edisi perdana
di BLOG FOTOGRAFI ini! 
»»  read more

Saturday, June 5, 2010

Dari Bandung, Sampai Palestina


Dari Bandung

Sampai Palestina
 
»»  read more

Friday, June 4, 2010

Dialog Antara Allah dan Iblis


Allah SWT. mengusir iblis dari surga dengan sepuluh ketetapan :

Iblis    :
Ya Allah, Engkau menurunkan aku ke bumi dan Engkau menetapkan aku sebagai makhluk yang sesat, tolong tetapkan aku tempat tinggalku.

Allah menjawab :
Tempat tinggalmu adalah Alhamaam (WC, kamar mandi)

Iblis :
Ya Allah, tetapkanlah bagiku majelis (tempat berkumpul)

Allah menjawab :
Majelismu adalah Al aswaq (pasar) dan juga At Thuruq (persimpangan jalan).

Iblis :
Ya Allah, tetapkanlah bagiku makananku.

Allah menjawab :
Makananmu adalah yang ketika makan tidak membaca “Bismillah”, setiap binatang yang disembelih tidak membaca “Bismillah”.

Iblis :
Ya Allah, tetapkanlah bagiku Asyarob (minuman).

Allah menjawab :
Minumanmu adalah yang memabukkan.

Iblis :
Ya Allah tetapkanlah bagiku hiburanku.

Allah menjawab :
Hiburanmu adalah Almismaaru (suara seruling)

Iblis :
Ya Allah, tetapkanlah bagiku bacaan.

Allah menjawab :
Bacaan untukmu adalah Asyir’u (syair-syair).

Iblis :
Ya Allah, tetapkanlah bagiku tulisan.

Allah menjawab :
Tulisanmu adalah zimat dan aufa.

Iblis :
Ya Allah, tetapkanlah bagiku kata-kata di dunia.

Allah menjawab :
Kata-katamu adalah alkizbu (kebohongan).

Iblis :
Ya Allah, tetapkanlah bagiku siapa utusan-utusanku.

Allah menjawab :
Para dukun dan paranormal (Al Kahin).

Iblis terakhir memohon :
Ya Allah, tetapkanlah bagiku pemburu (Mushoidan)

Allah menjawab :
Pemburumu adalah Annisa (perempuan-perempuan) sebagai jebakan.

------------------------------------------------------
Hadits dari Abu Umamah RA (Hadits Qudsi : Ucapan Suci : Ayat Allah SWT. yang Maha Suci dan tidak tersurat dalam Al-Qur’an).
------------------------------------------------------

Dialog itu adalah materi satu malam ba’da Maghrib sampai dengan Ba’da Isya’ yang aku dapatkan di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta.
Sahabat : bacalah satu cerpen dari buku islam yang indah disini.
»»  read more

Thursday, June 3, 2010

Ketika IT Malas Angkat Pantat

Dialog ini adalah bahasaku. Tapi, kejadian ini bukan fiksi. Terjadi di salah satu bank terkemuka di Indonesia yang berlokasi di Thamrin, Jakarta.

Seorang ketua tim IT bernama B duduk di kursi B berhadapan dengan komputernya.
Sementara sang junior yang masih anggota itu bernama A, duduk di kursi A yang ada dibelakang B.


    “Pekerjaan kita kali ini bakalan lebih crowded selama sebulan kedepan. Tenggat udah mepet, tapi vendor belum kasih hasil memuaskan.” Sang ketua tim B berkata kepada A.

    “Oh, saya juga kurang puas dengan hasil kerja vendor yang ternyata aplikasinya masih sering hang bahkan tercatat salah transaksi di mesin,” si A yang lagi semangat empat lima membalas dengan optimis.

    “So, karena kita berdua bakal jor-joran aku pengen minta kamu pindah duduk!” si ketua tiba-tiba berdiri dari kursinya.

    “Eh? Maksudnya? Pindah ruangan gitu, Pak?”

    “Saya udah kompromi sama atasan, kamu mulai siang ini duduk di sini (menunjuk bangku C) supaya saya gampang!”

Bangku itu emang sebenernya lagi kosong karena itu menghadap komputer cadangan.

Si A agak bingung. Bangku C emang ada didepannya sekarang . Benar-benar persis di depannya. Tapi, pengorbanan waktu juga kayaknya buat pindahan segitu doank?!?!?!

So? Emang bener , si IT yang berinisial B itu males banget angkat pantat buat diskusi berikutnya. Irit tenaga alhasil, cukup dengan menolehkan kepala, langsung crocos kerjaan… ^--^v,,, yang si A, agak bingung, males, enggan, ilfil.. ^-^

Duh enaknya jadi IT… bisa kerja tanpa angkat pantat dalam durasi waktu yang lama. Hihihihihi…. T-T!! (tapi aku gak iri, udah ngerasain pantat tepos di depan meja gambar bermalem-malem)… xixi ^-^v
»»  read more

Wednesday, June 2, 2010

Prince of Persia - Sands of Time Movie


19.00
Sharaman dan Nizam, nama yang sangat nyentrik untuk ku dengar di permulaan film. Hyah, jadi inget film dewa-dewa di Mahabharata. ^-^ Saat adegan kejar mengejar si anak kecil ini, aku jadi inget banget dulu main game Aladdin, bergelayut, lompat2 palang, memanfaatkan tenda sebagai pegas melompat… Aih itu, game zaman SD lho ^-^… Oh, ternyata bocah nekat itu bernama DASTAN.

19.05
Garsiv yang kakak tiri Dastan, emang bertampang jahat deh… T_T, aku pasti langsung nebak ini peran yang jahatnya nih ^-^v. sok tau dah!

19.11
Yihaaaaa…. Tau gak? Aku paling seneng film action… Dan pas Dastan mainkan trik busur shotgun sebagai alat bantu dia manjat dinding itu? Keren banget!! Slebor tapi dapetlah konsep laga nya. Bahkan ini lebih masuk akal daripada tangan anehnya Spiderman itu. ^-^


19.20
Oh itu toh pemeran putri dari Alamut, si putri Tamina. Hm,,, gak cantik ala Barbie, tapi seksi yah auranya … hm ^-^v, aku cewek kok bilang cewek lain seksi?? ^-^v

19.29
Ide tentang jubah yang diracunin itu? Singkat tapi heboh juga, hadir di waktu yang tak terduga, dan kurang ajarnya langsung bikin mati. Hm,,, tapi seru kebakarnya. Aku baru liat ada ide racun di jubah ^-^

19.33
Ini adalah saat yang paling keren… Dan aku mulai optimis bakal menyukai film ini… Karena jujur awalnya gak yakin. Tapi pas ada adegan dimana pasir bisa memberikan efek di tubuh manusia dan konsep layer animasi itu, huiiiihhhh…. Motionnya keren banget… efek juga boleh… ^-^

19.43
Hahahaha… Balapan burung Unta itu bikin aku terpingkal aneh,,, norak banget sih ngeliat burung montok genit bebek itu bisa jadi binatang balapan??? Aneh dah,,,ck ck ck

19.49
Emang sosok Dastan dan Tamina ini saling ngerjain ya satu sama lain. Meskipun petualangan serem gitu, tetep aja mereka pake segala cara untuk saling mengejek… Terutama saat bertemu bangsawan GENDUT yang lumayan berat itu… ahahaha

19.53
Aku lihat adegan ini… bikin aku mikir tentang film MATRIX RELOADED… ya ampun itu loncatan tingginya, belum lagi cara nyaris kena busur shotgun yang efek nya keren banget. Lagi-lagi unsur action dengan efeknya keren juga. Aku ngerasa efek seperti ini bikin kesan Persia yang agak primitive itu jadi rusak nuansanya. Abis, kok futuristic gini genre actionnya. Aku aja langsung serasa nonton Matrix si ganteng Keanu Reeves again!!

20.02
Ternyata dia toh penjahatnya selama ini… Emang sih dari awal sama sekali keliatan Cuma sosok gak penting. Wah inti perjuangan emang ada di Tamina yang musti bawa itu belati ber pasir ajaib ke tempat nya. Dastan, hihihi… bisa gentle juga dia membantu. Padahal waktu itu, musuh terbesar belum muncul lho? Soalnya, aku juga penasaran, masa musuhnya cengli gitu ^-^v…

20.10
Lhaaaaa…. Rupanya muncul juga musuh terkejam yang aku tunggu-tunggu. Suku Hassansin!! Mantap, serasa lihat Harry Potter lagi pas mereka muncul dengan ularnya. Tapi??? Bentar!! Pas lihat ada pasukan berkuda itu!! Aku inget langsung sama kuda pasukan hitamnya Lord of The Rings!!! God,,,, kenapa aku lagi2 mikirin film lain yah ^-^v

20.14
Wahhh!!!! Adegan tempur mereka di tengah gurun Persia kali ini, lagi-lagi aneh. Penuh dengan suara adu logam yang dibuat ala X-Men… mau tahu kenapa, karena suku Hassansin berkostum dan berkelahi ala Wolferine atau malah (Freddie Krueger??).

20.18
Adduuuuuhhhh…. Keren banget pas lihat mata cambuk besi yang kayak bisa mikir itu… Ck ck, bunyinya cakep karena actionnya jadi horror, dan efek animasi geraknya keren punya. Cambuk itu jadi senjata yang keren banget. Suku Hassansin makin bikin aku takju, xixi… ^-^ padahal itu musuh jahat… ampun deh.

20.24
Whuaaaa!!!! Keren!!! Serasa nonton film BLADE lagi…. Pas ada adu pisau yang musti berjarak jauh karena saling mematikan kalo deket2. Ini keren banget. Gak pake pistol, pisau pun jadi senjata yang dikasih efek mantaph buat bikin adrenalin terpacu banget!

20.29
Yang kali ini, penonton ampir nangis apa histeris. Dastan bunuh diri?????? Yang bener aja kali!!!! Tapi tenang, itu karena Dastan sangat tahu keampuhan belati berpasir yang dipakainya untuk bunuh diri itu. Hehehehe tenang… ^-^

20.34
Ya ampuuunnnn…. Kok nuansanya jadi ganti kayak film MUMMY RETURNS ??? Dan apa itu??? Putri Tamina matii??? ^-^v,,,, hoak hoak…. Pada ngomel tuh ^-^

20.45
Film selesai dan happy ending lah ^-^
Trus pas keluar bioskop aku duduk lagi, lagu siapa itu yang jadi OST??
Kereeeeennnnn,,,,, ternyata lagu si Alannis Morisette
Download langsung ahhhhhhh!!!!
»»  read more

Tuesday, June 1, 2010

Unsur Pokok Arsitektur - Cihampelas Walk Satu



“Semua bentuk gambar berawal dari satu titik yang membuat suatu gerakan… Titik-titik itu bergerak… Dan terbentuklah suatu garis –dikenal sebagai dimensi- pertama. Bila garis itu bergerak membentuk sebuah bidang, maka kita dapat menemukan sebuah unsur dua dimensi. Selama perkembangannya dari bidang menjadi ruang, pertemuan bidang-bidang tadi melahirkan suatu badan (tiga dimensi)… Sebuah ringkasan mengenai energi kinetik yang menggerakkan sebuah titik menjadi garis, garis menjadi bidang, dan bidang menjadi dimensi ruang.” [Paul Klee / The Thinking Eye : The Notebooks of Paul Klee / 1961]

Mengertikah kalian bagaimana membayangkannya? Kubantu dengan gambar berikut ya ^-^v
Jika bicara titik, maka bayangkanlah titik-titik posisi tiang-tiang di foto itu.
Jika bicara titik menjadi garis, bayangkan titik-titik tiang itu ditarik garis ke atas sehingga menjadi tiang tegak / vertikal.

Jika bicara sebuah garis, bayangkanlah garis tepi berbentuk kurva di langit-langit kuning itu.
Jika bicara garis menjadi bidang, bayangkan garis-garis tepi itu dibuat membentuk bidang kuning langit-langit yang unik dan menarik.

----------------------------------------------------

Lihat foto ini lagi, aku ajak kalian mengarang indah ^-^v

Mengapa denah harus berbentuk lengkung ?
Cihampelas walk adalah arsitektur yang mengutamakan upaya mempertahankan pohon-pohon asli di lahan mereka, maka mereka mencoba memanfaatkan bentuk organik yang memiliki tingkat fleksibilitas tinggi untuk memungkinkan tetap bertahannya pohon-pohon asli yang tersebar dan tidak teratur posisi tumbuhnya.

Mengapa selasar tidak dibuat tertutup dengan dinding kaca seperti kebanyakan pusat perbelanjaan ?
Cihampelas Walk adalah potensi yang dimiliki kota Bandung yang sangat membanggakan kondisi alam sejuknya dan kegiatan outdoor kawula mudanya. Dengan memberi bukaan bebas ke ruang luar, maka potensi tersebut menjadi daya tarik Cihampelas Walk yang berbeda dengan mal di megapolitan lainnya.

Mengapa lantai dibuat dengan pola ramai dan arah garis zebra dibuat horizontal dari arah mata pengunjung yang berjalan diatasnya ?
Koridor sepanjang ini sangat banyak di Cihampelas Walk, dan panjangnya dikarenakan akses dari gerbang Cihampelas Walk ke dalam perbelanjaan cukup jauh (luas banget, bo!). Maka agar tidak terasa jauhnya, dibuatlah corak garis-garis kecil dengan arah horizontal. Kebayang kalau lantai polos dan motif besar-besar? Pengunjung akan merasa perjalanan begitu jauh dan membosankan.

Mengapa langit-langit dibuat berwarna dan seakan bertumpuk-tumpuk ?
Langit-langit disini berfungsi sebagai aksen estetika sekaligus pengarah bagi pejalan selasar. Langit-langit bisa difungsikan demikian dengan memberi efek warna yang lebih menonjol dan mencolok. Bahkan disini, disertakan lampu sepanjang langit-langit agar pada malam hari pun, pengunjung merasa nyaman diarahkan oleh bantuan lampu dengan latar warna menarik tersebut.

Mengapa warna dinding dibuat dengan warna kontras di beberapa tempat ?
Sederhana, agar pengunjung selama melewati selasar, tidak merasakan kebosanan.

Mengapa tiang-tiang tersebut tidak dibuat dengan warna yang tidak kalah meriah, atau dari material yang kontras pula ?
Disini perancang mencoba memperhatikan detail mana yang hendak ditonjolkan, dan detail mana yang hendak sedikit disembunyikan. Jika kalian melihat keseluruhan bangunan-bangunan Cihampelas Walk ini, maka kalian akan temukan bahwa jumlahnya sangat banyak dan mencolok sudah pada bangunan tertutup yang terdapat fungsi rekreasi indoor didalamnya. Maka selasar menjalankan fungsi sebagai bangunan akses saja, dengan mencoba memanfaatkan potensi pemandangan luar. Maka tiang-tiang dibuat sederhana (hanya struktur dan pengarah) tanpa menutup pemandangan kearah luar terlalu banyak (tiang jangan terlalu lebar, tiang juga jangan terlalu berat/mencolok).

----------------------------------------------------

P.S. Tidak ada interview dengan oknum siapapun dalam me-review bangunan Cihampelas Walk. Ini adalah asumsi dan opini yang aku punya dari materi perkuliahan yang jadi pembelajaranku dulu. ^-^v… Kalian tidak akan percaya betapa aku shock ketika pertama kali kuliah di jurusannya anak arsitektur. Ck ck ck …. I remember that time when I was shocked !! xixi ^-^

P.S. Foto diambil oleh Wiwied di Cihampelas Walk, Bandung. Dengan tujuan semata untuk memberi kado bagi pembaca blog Wiedesignarch(dot)blogspot(dot)com. Tunggu saja launching foto lainnya di blog fotografi ku ^-^v
»»  read more
My Room (42) Curhat (21) Ribet (21) Bacaanku (20) Teman2ku (20) Quote (16) Love (14) MyProsa (14) Jalan-jalan (11) Arsitektur (9) Islamic (9) Bioskop (8) Memotret (5) Bernyanyi (3) Design (3) Year Ended (3) Akubaru (2) Movie (2) UlangTahun (1)
There was an error in this gadget
My photo
Di blogger world ini, aku cuma ingin merekam karya, merekam persahabatan, dan merekam proses kehidupanku. Semoga semua bersedia berbagi bersamaku dan blogku. ^_^