Posting Berikutnya!

Semoga tetap sabar menunggu posting setelah ini... Oh yah, kalau sempat,,, boleh tengok2 fotoku di Tumblr.. barangkali kalian suka ^_^

Jangan lewatkan !!

Thursday, May 12, 2011

Pangandaran Dalam Konflik


Lokasi Pemotretan : Pantai Barat, Pangandaran, Indonesia

Pernah ada sahabat dan pengunjung yang tahu? Bahwa aku adalah blogger yang gemar sekali memegang kamera SLR untuk memotret dan mengabadikan suatu imaji. Sebenarnya, aku punya blog portfolio sendiri untuk sebagian imaji yang berhasil kutangkap dengan kamera NIKON ataupun Handphone. Tapi kali ini, aku putuskan untuk membaginya bersama pembaca setia dan terbaru di blog Wiedesignarch ini.


PANTAI BARAT, PANGANDARAN, INDONESIA

Tanggal 13 dan 14 April lalu, aku dan beberapa rekan berkunjung ke Pantai Barat yang menjadi salah satu objek wisata Pangandaran. Kebetulan, lokasi yang kuabadikan lewat potret ini berada di Desa Pangandaran saja. Karena sebenarnya, Pantai Barat ini sangat panjang dan berada di lebih dari empat desa sekitarnya.


MENGAPA PANTAI BARAT ?

Pantai Barat Pangandaran hanyalah satu dari tiga daya tarik wisata utama di Pangandaran. Dua lainnya adalah Pantai Timur dan Cagar Alam Pananjung. Ya, ketiganya berada di desa yang sama dan letaknya amat sangat berdekatan.

Pantai Barat merupakan daya tarik wisata Pangandaran yang memiliki zona renang dan zona rekreasi pantai. Pantai Barat ini memiliki kemiringan pantai yang landai dan berpasir sehingga banyak sekali diminati sebagai rekreasi keluarga di Pantai. Secara zona, Pantai Barat sendiri terdiri dari : zona renang, zona perahu nelayan, zona perahu wisata, dan zona surfing.


KONFLIK APA YANG ADA DI PANTAI BARAT ?

Pantai Barat ini merupakan salah satu pusat kesibukan aktivitas pariwisata di Pangandaran. Sehingga bisa dikatakan bahwa karakteristik masyarakat yang ada di kawasan ini adalah karakteristik urban, bukan lagi rural. Ini dicirikan dengan kerapatan bangunan yang padat di kawasan ini.

Adapun konflik yang bisa saya temukan di Pantai Barat ini adalah :

  • ·         Jumlah perahu nelayan yang membludak pasca tsunami tahun 2006 di pantai ini lebih dari 300 perahu, dan mereka tidak memiliki lahan khusus untuk pendaratan mereka. Sehingga perahu-perahu tersebut begitu saja tersebar di area wisata. Ruang kegiatan nelayan pun menjadi saling silang dengan kegiatan wisatawan.
  • ·         Tebalnya lapisan barisan kios kaki lima yang bahkan berada di atas pasir pantai. Dan tebalnya lapisan ini menghalangi akses visual pengunjung dari jalan utama ke arah pantai. Rapatnya kios-kios kaki lima ini juga turut andil dalam memperbanyak limbah sampah yang berserakan di atas pasir pantai.


DAMPAK TSUNAMI PANGANDARAN

Pangandaran kini sedang memiliki agenda milyaran untuk pembangunan pelabuhan. Hal ini menjadi agenda mendesak terkait membludaknya jumlah kapal nelayan di Pangandaran. Sebagaimana diketahui, banyaknya bantuan perahu di kawasan mayoritas nelayan ini, menjadikan Pangandaran mulai kehabisan lahan untuk menempatkan perahu, dan memastikan bahwa aktivitas pariwisata dapat berlangsung aman dan memiliki privasi dari kegiatan pelayaran nelayan.

 

35 comments:

situsonline said...

gambarnya cantik2 juga ya,
Ada neh tren dan gaya baru yang sering saya liat di tempat tingggal ku,tiap hari bawa kamera di gital dan setiap ada pemandangan cantik2 di potret sana sini.

sichandra said...

saatnya pangandaraan bangkit dari keterpurukan :)

^^KoskakiUngu^^ said...

gambar2nya keren, pernah ikutan lomba pake gambar2 ini? kalau belum, cobalah! ^^

W i e d e s i g n a r c h said...

@situsonline : hoho... mereka mencoba eksploratif ^_^

@sichandra : terimakasih sahabat atas kunjungan dan semangatmu ^_^

@koskakiUngu : makasih banyak... sungguh memotivasi ^_^

iam said...

Wooaaaah keren banget fotonya, apalagi yang terakhir :D
Mau dong mbak SLR nya :p

W i e d e s i g n a r c h said...

@iam : wah wah,, aku juga paling suka yang terakhir itu ^^..... hihihi, mau minta SLR? ^^

JUN said...

wuih, SLR *.*
salah satu benda yang masuk must a have :))

wah, sayang sekali ya keindahan pangandaran pantai barat dinodai *ya ampun, bahasa apa ini?? =))* oleh banyaknya kios :(

Rean said...

keren tuh foto terakhir!! setuju nih sama kata-kata Koskakiungu, kayaknya foto-fotonya cocok untuk diikutkan lomba :)

W i e d e s i g n a r c h said...

@JUN : terimakasih banyak untuk kedatangannya ^^v.... Yup, pantai cantik dengan langgam konflik, ^__^ semoga mereka bisa menemukan jalan keluar terbaiknya

W i e d e s i g n a r c h said...

@REAN dan untuk KoskakiUngu, tolong jika menemukan peluang buat saya, mohon diberitahukan yah ^^.. saya berhutang budi untuk semangat yang kalian sampaikan pada saya ^^

Siti Nurul Falah said...

keren abis tuh foto-foto
*ngiri hehehe

W i e d e s i g n a r c h said...

@siti : wah, beneran disuka? syukurlah... jadi senang mendengarnya ^____^ semoga falah juga bisa menceriterakan potret2 falah suatu hari ^_^

Ferdinand said...

Met Malem :D

Maaf baru bisa berkunjung hhe.. Aku klo Liburan juga sering kesana bareng temen2 tapi beda sama kamu aku lebih suka bikin sketsanya dari pada motret pantainya hhe... :P makanya klo jalan2 aku malah gak pernah mikir buat foto2 haha... :D

aduh liburan masih sempet2nya nyari konflik yg terjadi disana hhe... hebat euy

Oiya Wied klo boleh ReQuest bisa gak tulisannya digedein dikit soalnya aku bacanya mesti di Zoom dulu hhe...

Semangat n happy blogging :D

W i e d e s i g n a r c h said...

@ferdinand : heyyyy... rasanya sudah lama sekali aku tak melihatmu ^__^ kemanakah? sibuk yah?
::: makasih banget masukanmu sangat berharga, segera kubesarkan ^_^
::: kamu memang berbakat pastinya karena lebih memilih mensketsanya... aku suka pemuda dengan semangat mensketsa, ada romantika di sana ^__^ hehehehe.... salam blogger yah ^__^ see you again?

tiwi said...

wushhh kayak lukisan euy pictnya...mantep banget sis, jempol!!

W i e d e s i g n a r c h said...

@mbak tiwi : iyah,,, pernah ada yang bilang kalau potret2 ini seperti mirip lukisan ^__^ makasih yah mbak udah kunjungan balik ^_^

Retno Novitha S said...

foto2nya keyeeen mbak :D, so kerja pemda harus lebih oke buat ngatasin si konflik2 itu biar pangandaran makin laris....
salam :)

W i e d e s i g n a r c h said...

@retno : wah... tepat sekali... benar sekali... ^__^ mereka harus lebih membangun demi kebangkitan mereka sendiri di pariwisata pasca tsunami ^^

warsito said...

pangandaran oh pangandaran kota kenangan yang tak terlupakan

W i e d e s i g n a r c h said...

@warsito : mengapa hanya kenangan ^__^ ... salam malam larut nih ^^

TuSuda said...

Semoga saja perkembangan sikon pantai yang indah itu dapat diantisipasi menjadi lebih baik lagi.
SALAM... 8)

PusKel said...

sangat disayangkan sekali kalau keindahan pantai nya tidak kelihatan alami lagi, maka upaya penataan perlu dilakukan agar lebih asri.

SALAM Kenal dari Kendari. 8)

TUKANG CoLoNG said...

hahahaha hampir lupa kalo kita udah temenan di fb. berarti yang upload foto2 bagus ini mbak toh. LOL. kirain sapa. saya sempet mikir sejak kapan temenan ama fotografer. :))

bintangair said...

aku suka image yang terakhir, keren banget...
masalah sampah memang terjadi di mana-mana. perlu kesadaran bersama sepertinya supaya tempat wisata pantai pangandaran barat bisa lebih rapi

Adittya Regas said...

kereennn....!!!!!

warsito said...

silahturahmi kembali setelah blog maintenance

Blog3 said...

akhr ny blogger udh normal

www.area-panas.blogspot.com/

B.S.U. said...

keren tu boss

Visit Indonesia said...

good article

Ami said...

speechless deh, aku pernah belajar fotografi udah lama banget. Foto-foto di blog ini memang keren...

W i e d e s i g n a r c h said...

@tusuda : Amin.. terimakasih untuk dukungannya, sob

@puskel : benar, asri adalah impian...

@tukang colong : wah? apakah aku diakui sebagai fotografer, heu

@wina : makasih yah... siap, memang harus lebih ditata

@adittya : wah, trims...

@warsito : iyah, bikin gemes T_T

@blog3 : finally.... T_T

@BSU : trims sob...

@visit indo : thanks really ^^

@ami : masih memotret kah? ^__^

Joko Sutarto said...

Foto2nya keren, Mbak. Pandai motret rupanya. Saya belum pernah kesana. Jadi pingin kesana saya.

*Suara Assalamu"alaikum Upin Ipinnya tak kalah keren juga

primeedges said...

Nah, aku suka postingan jalan-jalan begini... hihihihihii...

bagus2 fotonya... focus ke langitnya ya? ditunggu jepretan selanjutnya... eh sekarang masih suka moto?

W i e d e s i g n a r c h said...

@joko : eh iyah mas, moga si upin ipin nya gak bikin kaget ^_^ .... makasih yah untuk apresiasinya... mampir atuh ke sana ^_^

@primeedges : hehehe, posting jalan2 boleh juga kapan2 aku upload lagi ^_^ ...iyah sekarang masih sering2nya moto juga... kan baru belajar nih ^_^ ajari?

Obat gondok said...

judulny abikin aku penasarn pangandaran sedang daam onflik .....

Post a Comment

My Room (42) Curhat (21) Ribet (21) Bacaanku (20) Teman2ku (20) Quote (16) Love (14) MyProsa (14) Jalan-jalan (11) Arsitektur (9) Islamic (9) Bioskop (8) Memotret (5) Bernyanyi (3) Design (3) Year Ended (3) Akubaru (2) Movie (2) UlangTahun (1)
There was an error in this gadget
My photo
Di blogger world ini, aku cuma ingin merekam karya, merekam persahabatan, dan merekam proses kehidupanku. Semoga semua bersedia berbagi bersamaku dan blogku. ^_^