Posting Berikutnya!

Semoga tetap sabar menunggu posting setelah ini... Oh yah, kalau sempat,,, boleh tengok2 fotoku di Tumblr.. barangkali kalian suka ^_^

Jangan lewatkan !!

Monday, May 16, 2011

Penulis Sajak itu, Bermata Merah



Hari ini izinkan aku menorehkan apresiasiku tentang karya seorang Chairil Anwar, sekaligus sebagai bingkisanku untuk lelaki pemimpi kelahiran tanggal sekarang, 16 Mei. Semoga tulisan ini bisa jadi bingkisan sederhana yang memantapkan pijakannya sebagai pemimpi, dan menjadi bingkisan berharga untuk yang belum dan ingin mengenali sedikit saja dari sang Chairil Anwar, penulis Indonesia angkatan ’45 yang meninggal di usianya yang sangat muda.

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
TAMAN
Oleh : Chairil Anwar, Maret 1943

Taman punya kita berdua
Tak lebar, kecil saja
Satu tak kehilangan lain dalamnya.

Bagi kau dan aku cukuplah
Taman kembangnya tak berpuluh warna
Padang rumputnya tak berbanding permadani
Halus lembut dipijak kaki.

Bagi kita bukan Halangan.

Karena
Dalam taman punya berdua
Kau kembang, aku kumbang
Aku kumbang, kau kembang.

Kecil, penuh surya taman kita
Tempat merenggut dari dunia dan ‘nusia.
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::


Sudahkah teman pengunjung tahu satu teman Blogger kita yang sedang berulang tahun di hari ini? 16 Mei  sudah pasti merupakan hari istimewa seorang pengagum sederhana Chairil Anwar yang menjadi kawanan Blogger kita ini. Kita doakan semoga limpahan berkah dan kekuatan, senantiasa menemani jejak langkahnya yang terbata namun sarat cita. Amin. ^__^

P.s : tulisan ini dibingkiskan buat kamu yang selalu hafal dengan tulisanmu sendiri seperti berbicara dengan kertas. Tidak kurang satu apapun ketika kamu menceritakan ulang sambil menatap hadapanku, bahkan lengkap hingga titik dan koma.

::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::

MEREKA BERCERITA SIAPA CHAIRIL ANWAR

“Mungkin Chairil sudah mengatakan sesuatu yang melukai perasaan mereka (pembuat pesta), karena Chairil tidak pernah menahan mulutnya. Mereka termasuk pada apa yang orang sebutkan golongan “terpelajar” yang diejek Chairil dengan sebutan “anak-anak sekolah besar”, dan yang ia sebut dengan julukan bahasa Belanda “burgerlijk” yaitu golongan yang kemudian saya (Asrul Sani) jelaskan sebagai “orang-orang yang menganggap memiliki sofa beledru sebagai suatu keharusan tapi berfikir sebagai suatu kemewahan.””

Chairil Anwar (26 Juli 1922 – 28 April 1049) adalah penulis sastra Indonesia yang meninggal di usia 26 tahun 9 bulan. Tepat tanggal 28 April 2011 kemarin, adalah 62 tahun wafatnya beliau. Beliau memiliki anak bernama Eva yang niatnya hanya dibolehkan memanggil ayahnya itu dengan nama Nini atau Chairil. Sayangnya, Chairil belum sempat mendengar panggilan itu keluar dari mulut putrinya. Chairil dikenang melalui cerita mamanya, yang dipanggil mesra oleh Chairil dengan nama Gajah karena badannya yang gemuk.

Chairil Anwar, penulis kelahiran Medan ini dikenal jauh dari politik. Sajak “AKU” yang selalu dibawakan berapi-api dengan kepalan tinju itu, bukanlah sajak pemberontakan, tapi sebuah pamitan yang getir dari ayahnya yang mencoba membujuk dia kembali ke Medan . Ia menolak dan memilih hidup yang jauh dari berkecukupan. [Asrul Sani]

Teman, saking cintanya Beliau akan membaca sastra mutu milik Belanda yang diinternir Jepang masa itu, Beliau kerapkali mencuri buku-buku tersebut dari toko.

Beberapa kali dia datang pukul 3 pagi, pada saat orang sedang lelap-lelapnya tidur. Dia tarik tangan saya, lalu diajaknya jalan. Dia kuat jalan, dari pagi sampai pagi lagi. Sepanjang jalan dia ngomong terus. [Asrul Sani]

Teman, Chairil Anwar adalah sesosok yang sangat cepat menghafal  sajak apapun yang ia baca. Asrul Sani, sang sahabat satu angkatannya, menyebutnya “kutu buku yang kena racun” karena kerap ditemukan unsur-unsur sajak lain di beberapa puisi Chairil. Dan setelah aku sendiri membaca sajak Beliau, ternyata memang benar bahwa Beliau melepaskan bahasa dari kekuasaan kaum pendidik atau baku yang ada di jenjang pendidikan.

ASRUL SANI MENGENANG HARI MENINGGALNYA CHAIRIL ANWAR

“Si Binatang Jalang sudah menyerah. Ia pergi dengan meninggalkan bermacam-macam reputasi, mulai dari anak kurang ajar sampai pada pencuri. Ia adalah bohemian. Banyak orang mengira bahwa ia adalah seorang petualang kumuh. Tidak. Chairil selalu berpakaian rapi. Kerah kemejanya selalu kaku karena dikanji, bajunya senantiasa disetrika licin. Ia bahkan boleh dikatakan dandy. Orang ingat pada matanya yang merah. Ia tidak mengerikan. Ia adalah seorang periang dan seorang sahabat yang baik.” [Asrul Sani, Maret 1999].

28 comments:

julie said...

keren selalu puisi chairil anwar
salam kenal mba wied
mudah2an komen ini masuk

julie said...

horeeeeee :D

W i e d e s i g n a r c h said...

@julie : wah, syukurlah masuk,,,, hihihihi,,,, oh, kagum juga dengan chairil anwar yah? daku jujur baru sekarang membacanya,,, beneran ^_^

riestabacil said...

aku baru skali ini juga bacanya....
hehehehee

W i e d e s i g n a r c h said...

@ries : wah, sama kita yah ^_^

adetruna said...

widih bakatnya sudah ada sejak kecil ya, tapi perbuatan mencurinya jangan diikuti ah :D hehehe

W i e d e s i g n a r c h said...

@adetruna : jika sekarang kita dididik dengan sehat dan dilengkapi dengan ilmu dan buku2 yang memadai, alhamdulillah ^^... turut senang ^^

Miss Nea Muslimovic said...

chairil anwar...puisi.puisi nya slalu mnyentuh..hehehjdi ingat wktu jaman skolahan dasar dulu..

ghost writer said...

"Kami bicara padamu dalam hening di malam sepi
Jika ada rasa hampa dan jam dinding yang berdetak

Kenang, kenanglah kami
Teruskan, teruskan jiwa kami
Menjaga Bung Karno
menjaga Bung Hatta
menjaga Bung Sjahrir

Kami sekarang mayat
Berikan kami arti
Berjagalah terus di garis batas pernyataan dan impian

Kenang, kenanglah kami
yang tinggal tulang-tulang diliputi debu
Beribu kami terbaring antara Krawang-Bekasi"

dia juga pejuang dan pencinta kemerdekaan sekaligus meletakkan keamanan paling total untuk nusanya.

W i e d e s i g n a r c h said...

@miss nea : dulu ketika SD, aku tak mengerti sama sekali bahasanya T_T

@Ghostwriter : sepertinya, aku mulai penasaran dengan Anda dan karya serta ingatan Anda... Luar biasa... ^_^

Djangan Pakies said...

penampilan di foto yang selama ini saya tahu ternytaa berbeda dengan penuturan Asrul Sani. Laki-laki yang menjaga penampilan. Berati itu telah membuka mata bahwa penampilan yang ada tidak selalu menggambarkan isinya.
Mata merah itu mungkin karena semangat yang luar biasa dalam menggenggam keyakinan.
Saya selalu ingat bagaimana guru Bahasa Indonesia saya menceritakan semangat Chairil Anwar dan hubungannya dengan perjuangan.

warsito said...

memang selalu mantab buah karya chairil anwar

Admin said...

ENGLISH TUTORS URGENTLY NEEDED!!!

A Fast Growing National English Language Consultant is hunting for :

=> ENGLISH TUTORS <=

Qualifications:

1. Competent, experienced, or fresh graduate
2. Proficient in English both spoken & written
3. Friendly, Communicative, & Creative

Placement :
=> Batam - Pekanbaru -Balikpapan - Banjarmasin - Palembang - Medan - Makassar

Send your application and resume to : easyspeak.recruitment@gmail.com as soon as possible.

Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.

Magic Paper said...

wow,, Chairil Anwar yang selalu menawan dengan karyanya......
saya suka....

Kirana said...

jaman sekolah dulu suka sekali baca puisinya chairil anwar, puisi Taman romantis juga ya.. :)

ibnu said...

tetap ini puisi favoritku

AKU

Kalau sampai waktuku
'Ku mau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

Aku ini binatang jalang
Dari kumpulannya terbuang

Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang

Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri

Dan aku akan lebih tidak perduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi

Maret 1943

Accilong said...

wah, sya juga suka chairil.. tp setelah soe hok gie tentunya.. :D
ah, keduanya mati muda...

Adittya Regas said...

saya suka semua puisi chairil anwar!!!

NURA said...

salam sobat
sosok Chairil Anwar memang cocok disebut kutu buku,
karena selalu baca buku dan cepat menghafalkannya.
bukti bisa dilihat karya sajaknya.

Ami said...

Kenapa ya, waktu SD bicara soal puisi pasti ke Chairil Anwar. AKu palinggak bisa nulis puisi, apalagi ngebaca...

Cerita Dewasa said...

katanya kisahnya penuh kontroversi ya sebenernya.. he

Aina said...

wow...sang maestro abis ultah ya....

kira said...

mantab dah...
mski aku g bgitu buat puisi, tapi suka dengan puisi2nya.

Zippy said...

Bagus sih puisinya, hanya saja kalo soal sastra gue bener2 butek, sama sekali gak ngerti, hahah... :))

W i e d e s i g n a r c h said...

@Pakies : yah, memang sajak beliau selalu kita temukan di kala kecil dahulu, dan itu merupakan perkenalan yang membawa keberkahan untuk banyak orang yang hidup dengan semangatnya

@warsito : setuju, semangatnya ada di karyanya

@admin : wah wah, penuhnya itu coment, hehehe

@magic paper : terimakasih sudah mampir

@Kirana : yup, romantis dan sahaja,,,semoga disuka

@ibnu : hebaatt... anda pasti sangat menyukai sajak itu... tipe romantiskah ? hehe

@Accilong: yup... Tuhan menyayangi dan menjaga mereka...

@adittya : hebat! aku bahkan sangat baru mengenalnya T_T

@NURA : makasih mba Nura juga sudah hadir ^_^

@Ami : hihihi.... tak apa, yang penting happy ^_^

@Cerita Dewasa : dibanding penulis lainnya, kontroversi beliau lebih ke perjuangan manusiawi

@Aina : hihihi... maestro habis ultah kah? ^_^ hm

@Kira : wah wah... syukurlah kita bisa ketemu di apresiasi ini

@Zippy : hehehe,,, sama kok,,, aku juga T_T

Yunda Hamasah said...

Karyanya sudah mengabadikan fana hidupnya, semoga semua tulisannya menjadi jejak kebaikan yang pahalanya akan terus mengalir...

W i e d e s i g n a r c h said...

@yunda : amin... kalimat yang indah ^_^

Obat Tradisional Penyakit Mata said...

mas bro c anwar ini memang luar biasa jenius seperti penulis blog ini

Post a Comment

My Room (42) Curhat (21) Ribet (21) Bacaanku (20) Teman2ku (20) Quote (16) Love (14) MyProsa (14) Jalan-jalan (11) Arsitektur (9) Islamic (9) Bioskop (8) Memotret (5) Bernyanyi (3) Design (3) Year Ended (3) Akubaru (2) Movie (2) UlangTahun (1)
There was an error in this gadget
My photo
Di blogger world ini, aku cuma ingin merekam karya, merekam persahabatan, dan merekam proses kehidupanku. Semoga semua bersedia berbagi bersamaku dan blogku. ^_^