Posting Berikutnya!

Semoga tetap sabar menunggu posting setelah ini... Oh yah, kalau sempat,,, boleh tengok2 fotoku di Tumblr.. barangkali kalian suka ^_^

Jangan lewatkan !!

Wednesday, May 25, 2011

Blora Sang Pramoedya - Sepotong Biografi




Judul Buku :
Pramoedya Ananta Toer Dari Dekat Sekali
Penulis Buku :
Koesalah Soebagyo Toer
Bab Buku :
Rumah Blora


:::::::::: ::::::::::: :::::::::::
RUMAH BLORA

"Mas Pram setuju tanah dan rumah itu dijual?"
Saya tanya demikian karena selama ini ada dua hal penting yang selalu dipendamnya sebagai keinginan, harapan dan cita-cita :

Pertama, ia ingin mengabadikan rumah dan tanah itu sebagai museum, untuk mengenang jasa-jasa dan juga mengabadikan nama Bapak. Menurut dia, orang Blora sekarang justru melupakan sama sekali jasa Bapak. Ia bahkan sudah pernah memberikan gambaran, "naskah-naskah nanti akan saya simpan di sana, termasuk naskah-naskah yang saya temukan.

Kedua, ia ingin kembali ke tempat itu di masa tuanya. Hal itu pernah dikatakannya sendiri kepada saya. Ia bayangkan, ia akan tinggal di sana tanpa keluarga. Dari sanalah ia akan mengirim nafkah kepada keluarga, dan di sana ia akan bekerja. Memang selama ini saya rasakan, ia menyimpan rasa akrab kepada Bapak dan Ibu, sekalipun ia mengatakan bahwa dirinya dendam kepada Bapak karena perlakuannya yang tidak adil terhadap dia. Mas Pram pun, menurut saya, merasa dekat dengan Blora sebagai tanah air yang menyimpan banyak kenangan. Hal itu dibuktikannya dengan banyak karya tulis, mulai dari "Pelarian yang Tak Dicari", Perburuan, sampai yang terakhir "Sang Pemula".

:::::::::: :::::::::: ::::::::::

Babak Rumah Blora yang menjadi rumah tinggal Pramoedya Ananta Toer ini merupakan sepenggal dari banyak kisah sang adik, Koesalah Soebagyo Toer. Buku ini memiliki daya tarik tersendiri untuk membacanya melalui kepingan-kepingan cerita pendek tentang setiap sudut hari kehidupan sang Pramoedya. Buku ini begitu gamblang menceritakan keseharian dan keluhan  tak terjamah dari sang Pramoedya Ananta Toer. Dari buku ini lah ditemukan kisah tentang amarah, kekesalan, ketidakadilan asuhan bapak, dan penyakit yang menyerang dari sosok Pemenang Nobel ini. Memang benar judulnya berkata, serasa Dekat Sekali melihat sosok besar Pramoedya di dalam buku ini. Sebuah cara perkenalan yang berkesan untuk saya mengenali beliau.

34 comments:

Celotehan said...

Ini dia sastrawan faforitnya dosen saya, bukunya yang terkenal itu kalo ngga salah bumi dan manusia yh??

W i e d e s i g n a r c h said...

@celotehan : bumi manusia, tepatnya ^___^

warsito said...

masyarakat sekarang sudah banyak yang melupakan para sastrawan dengan adanya postingan ini mudah-mudahan rasa cinta sastra indonesia tumbuh kembali

lidya said...

asalnya pramoedya ya dari blora

coretan rizal said...

salam hangat and salam blogging yah

hilsya said...

aku kok belum pernah baca bukunya.. *menyedihkan sekali ya?*

Ferdinand said...

Ternyata Adiknya pun penulis buku ya? aku malah abru tau, pasti bukunya keren2 juga tuh, apalagi yg diceritain kehidupan kakaknya yg justru jarang terekspos hhe.... :)

kamu udah baca buku ini ya Wied?

Maaf baru bisa kesini lagi hihi... Semangat n happy blogging...

r10 said...

pramoedya ini yang dulu musuh islam lalu kemudian tobat, menjelang meninggal ada tanda2 dia khusnul khatimah

Rawins said...

sering banget denger
tapi kenapa ya belom pernah baca tulisanya
sama sekali...
katro tenan neh..

teguhsasmitosdp1 said...

ditunggu biografi sastrawan yang lain,....

IbuDini said...

Mb belum pernah baca buku ini...dan sepertinya sangat menarik. Wi suka dengan buku2 sastra ya

W i e d e s i g n a r c h said...

@WARSITO : semoga bisa demikian yah.. insya Allah

@lidya : yah, disana lah beliau besar dalam lingkungan asuhannya

@rizal : sama sama....

@ferdinand: aku lagi baca buku ini dan belum khatam, ehehehe

@r10 : alhamdulillah... benarkkah??

@rawins : ahahaha,,, aku ndak bilang lho

@teguh : terimakasih yah

@bunda dini : saya lumayan sedang belajar tentang sastra

mas ichang said...

salah satu sastrawan yg belum pernah tak baca karyanya.....selalu keburu baca yg lain..heheheh.. pingin ngumpulin tetralogy burunya beliau..

Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

belum pernah baca buku ini ^^ memang aku jarang baca buku jg hehe

W i e d e s i g n a r c h said...

@Ichang : mas,,, bener sekali... aku juga terobsesi punya kisah2 BURU nya itu ^_^

@ria : hehehehe,,,, apa kabar cuantik?

umiabie said...

kunjungan perdana nih, liat2 dulu ah..

salam kenal ya kak Wiwied..

SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

Baru tau saya sob setelah baca ini B)

mabrurisirampog said...

Saya suka membaca karya2 beliau...

salam kenal dari saya mba...

Cerita Tugu said...

kalau ngga di postingkan mungkin inyong ngga tahu kalau ananta itu dari blora

aslim said...

wau ternyata ada mawtro dari blora...ya...
saya baru tahu, sungguh sangat senang sekali jika anda mau berkunjung ke blog saya...
http://blog.umy.ac.id/alkahfi/

Elsa said...

pramudya...
aku penggemar beliau!!!

Pramudya itu jenius banget deh

catatan kecilku said...

Aku belum pernah tuh baca tulisan Pramoedya.. tapi aku jadi penasaran pengen baca sekarang.

the others... said...

Ternyata penyuka Pramoedya ya?

BTW, maar banget baru sempat mampir kesini sekarang. Apa kabar? Semoga masih ingat padaku... hehehe

Ra-kun lari-laRIAN said...

ayh, Pram ya...
saya ingin tau lebih banyak tentang sosok ini :)

Accilong said...

wo..wow..wooowww...
sya juga demen ma kakek satu ini, wid. :D

menulislah.. dan suaramu tidak akan hilang ditelan dunia.. jauh.. jauh dikemudian hari..
#kira2 begitu dah katanya. :D

Skydrugz said...

ralat...

Pramoedya ndak pernah menang Nobel...cuma dapat nominasi... syg dia ndak menang Nobel...
utk lihat prestasi Pramoedya, bisa dilihat di sini
http://en.wikipedia.org/wiki/Pramoedya_Ananta

Penghuni 60 said...

saya suka ama sosok seorg Pramoedya...
penasaran nih ama bukunya, mau nyari ah..

Meidy said...

wuuuuiiihhh blognya rapi amat mbak.. Btw, klo ingat Pramoedya ingat bumi manusia yg pernah dikasih temen jaman dulu.. bhsnya emang dasyat..!!

Sabjan Badio said...

Pram berhasil memenangkan hadiah nobel, ya? Kok saya dengar baru jadi nomine?

Abasrin said...

Sebenarnya, pengen memilii buku itu, segala sesuatu tentang Pram. Tp, belum dapet.

kezedot said...

aku dan blue sennag membaca buku karya beliau
salam hangat

nuy said...

Aku baru tau bukunya T.T
jadi penasaran pengen baca!

Ra-kun lari-laRIAN said...

ditunggu cerita selanjutnya :)

attayaya-puasa said...

mohon maaf lahir bathin ya... mba Wied
semoga amal ibadah kita semua diterima Allah SWT

semoga ketemu lagi dengan Ramadhan tahun depan

Post a Comment

My Room (42) Curhat (21) Ribet (21) Bacaanku (20) Teman2ku (20) Quote (16) Love (14) MyProsa (14) Jalan-jalan (11) Arsitektur (9) Islamic (9) Bioskop (8) Memotret (5) Bernyanyi (3) Design (3) Year Ended (3) Akubaru (2) Movie (2) UlangTahun (1)
There was an error in this gadget
My photo
Di blogger world ini, aku cuma ingin merekam karya, merekam persahabatan, dan merekam proses kehidupanku. Semoga semua bersedia berbagi bersamaku dan blogku. ^_^