Posting Berikutnya!

Semoga tetap sabar menunggu posting setelah ini... Oh yah, kalau sempat,,, boleh tengok2 fotoku di Tumblr.. barangkali kalian suka ^_^

Jangan lewatkan !!

Tuesday, May 11, 2010

Kenapa Jilbab, Sahabat?



6 Mei 2010 – jam sebelum dan sesudah makan siang
Namanya kuinisialkan Lili (atas permintaan empu nya nama, hehe) … Dia teman yang sempat begitu amat dekat di saat ospek kuliahku dulu. Dia menyapaku dan bertanya lewat obrolan Yahoo Messenger. Aku begitu kangen pada teman jilbaber yang cantik ini. Lili bertanya dengan tiba-tiba :

Lili :
Boleh tahu?  kenapa wiwied berkeinginan keras untuk pake?
(Kalo rahasia juga gapapa)

Aku :
Wiwied pengen konsisten
Di dalam sejarah wiwied , wied orang yang cepet lupa
Sering, wiwied harus kena batu yang amat sakit baru mw ngerti
Dan wid pengen pake , karena ga mw lupa lagi
Wied inget banget waktu ga ada yang perduli, wid dikasi damai cuma sama Allah
Dan wid paham, kemanapun wid pura-pura kuat, Allah paling tepat untuk pulang
Dan wid berhutang amanah, dan itu masih sedikit dibanding hal lain lagi

Lili :
Wah wide
Gw jadi malu sendiri, gw ga pernah kaya gitu
Bner kata wiwied kita diberi begitu banyak sama Tuhan
Gw jadi malu wid

Aku :
Lho lho ^_^
Alhamdulillah ada juga ya peranku dalam karakter seorang Mala ^_^

Waktu terbaca dialog ini di layar E-Buddy ku, aq langsung tambah kangen sama Lili . Dia itu senang merendah dengan halusnya, dan selalu pandai menghibur dengan tawa menghiburnya. Aku bener-bener kangen sama Lili .

Lili :
Iya wide
Sy jadi malu, sy yang berjilbab, malah lupa sama hal2 seperti itu
Btw boleh kasi pandangan berbeda ttg jilbab wid? Tapi bakalan ada hal2 yang kurang enak di denger si

Aku :
Silahkan
Aq butuh itu
Latihan tegar ^_^

Lili :
Waduh… tar malah bikin sedih, lagi sedih-sedih

Aku :
Gapapa
Sekalian aja,
Lili
Aq lagi berproses, remember?
^_^

Aku belum menceritakan secara detail kepada siapapun tentang proses yang kujalani selama beberapa bulan ini. Yang akhirnya aku juga jadi menutup sementara akun facebook ku. Tapi tidak berarti aku sedang sedih hanya sedih, tapi ini adalah kalian sebut “saat-saat melankolis”. ^-^v

Lili :
Oke wid
Kalau mulai gak enak didenger atau terlalu bertele2 diskip aja
Mungkin sebagian besar orang sudah tahu, bahwa jilbab bertujuan untuk menutup aurat
Di dalam kitab suci juga disebutkan
Namun terdapat banyak pandangan di antara orang Islam mengenai jilbab
Ada yang menganggap bahwa itu adalah kebudayaan orang arab, karena untuk menjaga keamanan wanita dari perbuatan asusila
Menurut orang yang berpandangan seperti ini, jilbab tidak wajib tapi yang baik adalah berpakaian dengan sopan tidak terbuka apalagi memancing perbuatan asusila
Ada lagi yang menganggap bahwa jilbab itu wajib karena dicantumkan di dalam Al-Qur’an, perintah kepada istri Nabi SAW
Nah semuanya itu berpulang ke pribadi masing2, mana yang diyakini dan sesuai dengan hati nurani

Ingat kah betapa aku selalu merindukan sahabat yang mengingatkan sebelum kita memijakkan langkah berikutnya? Di sini, Lili menunjukkan betapa ia sedang mengingatkan ku pada asal mula sebuah niat.

Lili :

Kalau saya boleh kasih saran wid, berpikir matang2 dan mendalam mengenai keinginan wiwid untuk memakai jilbab
Karena (saya gak bermaksud meremehkan wiwied) saya kadang sedih melihat teman-teman yang sudah berjilbab kemudian dibuka lagi
Karena di tengah jalan merasa belum mantep
Kalo menurut saya, ga ada salahnya kok kalau belum berjilbab, selama seseorang terus berproses memperbaiki dirinya
Memperbaiki hati, pikiran, dan perilaku
Selama belum memakai jilbab, seseorang kan bisa menjaga dengan berpakaian dengan sopan, berbicara dengan tutur kata yag baik, berperilaku baik, berbuat tulus

Aku masih terdiam ketika Lili menuliskan ini semua. Bukan karena tak memiliki komentar ataupun alasan. Tapi karena aku bersyukur. Aku senang dengan perhatiannya yang tulus dan perduli. Aku tidak pula naïf, karena semua itu adalah bahasa halus dari, sekali lagi, Mengingatkan…

Lili :
Karena boleh jadi yang belum berjilbab justru lebih tulus perbuatannya, ikhlas, baik tutur katanya
Gitu wid
Saya sendiri kadang malu, sama teman2 lain yang gak berjilbab tapi lebih baik perbuatannya
Intinya si, pertimbangkan mateng2 wied, karena nanti akan ada godaannya. Mungkin hal2 kecil kaya baju2 yang bagus, tatanan rambut yang bagus, atau hal2 besar seperti pekerjaan
Maap kalo kepanjangan dan ngelantur kemana-mana ^_^

Lihatlah Lili merendah lagi. ^-^v, pasti dengan senyum khasnya kalau aq boleh menebak. ^_^v… Lili , Lili … Aq beruntung kali ini. Semua ini akan jadi rasa syukur yang panjang, karena kamu menunjukkan bahwa kamu perduli dan mendukung niat dan langkahku. Semua ini, ga akan sanggup aku lupakan sebagai ilmu dan persahabatan.

Aku :
Lili.........  ^__^ alhamdulillah
Beruntung aq kenal kamu
Kmu bener2 tulus ya care sama aku
^____^
Lili :
Waduh ngga ko wied
Yang tadi sotoy
Maap kalo ada yang menyinggung hati
Saya gak bermaksud meremehkan wid
Cuma kalo lebih mantep, akan jauh lebih baik

 

Aku :
Lili, aq banyak cari cara dan seribusatu alasan untuk tidak pakai ^-^ percaya deh
Tapi akhirnya aku kalah , dan tahu bahwa kalimat langit jauh lebih bijaksana daripada diriku sendiri
Yang paling tahu bagaimana cara menjaga kodratku adalah DIA, bahkan aq sendiri gak tau cara mengurus diriku sendiri

Lili :
Great wide…
Iya Dia yang lebih mengetahui kita
Apa yang terbaik buat kita
Pada akhirnya kita akan berpulang ke kodrat kita ya,,, apalagi perempuan
Perempuan itu tidak sekuat laki-laki dan berhak untuk dilindungi
Pakaian yang baik merupakan salah satu sarananya…
Yang menjaga diri kita tidak Cuma dari panas dan dingin tapi juga dari mata2 orang yang berniat jahat
Kalau wiwid sudah sampai mencari alasan untuk tidak memakai jilbab, saya kira itu sudah baik

12 comments:

TUKANG COLONG said...

pake jilbab juga jadi tampak manis..;)

calakan said...

nice to have friend like her wied... jaga baik2 yaa... he he he

Gema said...

jalan ini bukan jalan lurus beraspal namun jalan terjal berliku penuh dengan halangan, namun bila kita kuat menjalanainya, di depan sana ada lapangan luas menanti kita...........

Multibrand said...

Halo Wiwied,
Oooh begitu ya alasannya

the others... said...

Wah, udah mantap bener nih niatnya.
Senang ya mbak punya sahabat yg sangat perhatian spt itu.

attayaya said...

jilbab amanah dan ibadah

lam kenal juga mba
langsung ngikut mollow juga
hihihihi........

attayaya said...

mphesbhuknya ga bisa di add

fira said...

waduh, jd malu nih, aq jg memendekkan jilbab krn stlh lulus, lingkungan di luar ternyata tidak se-kondusif di dalam itb *ato perasaanku aja mungkin.
Jg krn sering merasa belum siap dg persepsi org2 di sekelilingku saat aq berjilbab sepanjang dulu (ya ga panjang2 bgt jg sih, sedang lah:p). Aq merasa blm 'sepantas' & 'sebaik' persepsi mereka itu.
Ya, berjilbab memang bukan berarti kita sempurna, tp berjilbab bagiku krn itu kewajiban bagi muslimah. Mudah2an ini juga suatu proses untukku ke arah yg lebih baik, sehingga suatu saat aq bisa 'pantas' utk mengenakan jilbab yg semestinya.
Salut utk Mala atas ke-istiqomah-an hatinya, & mengharapkan yg terbaik selalu utk Wiwied. Amin. :)

Pradna Cahbag us said...

alhamdulillah...
semoga selalu diberi kekuatan untuk istiqomah:
untuk tetap menutup aurat dengan baik
dan untuk tetap menjalin persahabatan dengan baik juga ^_^v

(maaf belum bisa ngasih oleh-oleh...gi rada riweuh...ini aja baru bisa maen kesini (worship) )

chaironi said...

numpang koment akhhhhhhhh

Naila said...

hemmm.. aku jadi sedih. aku memang berjilbab, bisa dibilang konsisten selama kuliah ini. tapi apa niat aku udah bener ya??? apa aku bisa menjaga diri dengan baik dibalik jilbabku, makasih ya buat renungannya, semoga kita bisa lebih baik, ^^

teh, kalo mau follow yang mana nih, g da kolom follow, adanya recent visitor, disitukah??

Obat Kanker Darah said...

aku suka dengn wanita berjilbaab...merc hadiahn ya heeee

Post a Comment

My Room (42) Curhat (21) Ribet (21) Bacaanku (20) Teman2ku (20) Quote (16) Love (14) MyProsa (14) Jalan-jalan (11) Arsitektur (9) Islamic (9) Bioskop (8) Memotret (5) Bernyanyi (3) Design (3) Year Ended (3) Akubaru (2) Movie (2) UlangTahun (1)
There was an error in this gadget
My photo
Di blogger world ini, aku cuma ingin merekam karya, merekam persahabatan, dan merekam proses kehidupanku. Semoga semua bersedia berbagi bersamaku dan blogku. ^_^